Tanpa produk bleaching, ini trik memutihkan kulit wajah dan tubuh pakai scrub dari 1 bahan minuman

Tanpa produk bleaching, ini trik memutihkan kulit wajah dan tubuh pakai scrub dari 1 bahan minuman

Brilio.net - Memiliki kulit kusam akan membuat seseorang jadi tidak percaya diri. Pasalnya kulit jadi tampak kering, gelap, dan kurang bercahaya. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kulit kusam. Seperti paparan sinar matahari berlebih, sel kulit mati yang menumpuk, polusi, hingga gaya hidup tidak sehat.

Paparan sinar matahari merupakan penyebab paling umum yang menjadi penyebab kulit kusam. Apalagi jika tidak dibarengi dengan penggunaan tabir surya. Maka kulit akan rentan kusam, menggelap, hingga belang. Ini dikarenakan paparan sinar matahari akan memicu kulit memproduksi melanin berlebih sebagai upaya perlindungan alami kulit dalam mengurangi efek buruk sinar matahari.

Melanin berlebih ini lah yang menjadi penyebab kulit menggelap, kusam, dan terkadang muncul bintik-bintik hitam yang juga disebut dengan hiperpigmentasi. Kondisi ini tak hanya dialami pada wajah saja, tetapi bagian tubuh lain seperti tangan dan kaki.

Untuk mengatasinya, banyak orang melakukan berbagai upaya guna memutihkan kulit wajah dan tubuh yang tampak kusam, gelap, hingga warnanya tidak merata. Mulai dari menggunakan produk bleaching hingga memanfaatkan bahan-bahan alami. Penggunaan produk bleaching memerlukan biaya yang tidak sedikit, belum lagi kandungan kimia didalamnya juga rentan membuat kulit jadi mudah iritasi.

Solusinya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti video yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @nicputra pada 4 Agustus 2020, yang membagikan tentang trik memutihkan kulit wajah dan tubuh pakai scrub dari 1 bahan minuman, yakni bubuk kopi. Dia juga menambahkan bahan lain yaitu gel lidah buaya.

"TIPS memutihkan kulit secara alami!," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @nicputra, Rabu (22/11).

Memutihkan kulit wajah dan tubuh Berbagai sumber

Memutihkan kulit wajah dan tubuh
freepik.com

Kopi banyak dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kulit. Salah satunya adalah memutihkan kulit kusam. Butiran kopi yang sedikit kasar berfungsi sebagai scrub eksfoliasi yang bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati serta membuka pori-pori yang tersumbat.

Kandungan asam dalam kopi juga bisa membantu mengangkat lapisan kulit mati secara efektif seperti halnya eksfoliator kimiawi. Tak hanya itu saja, kandungan kafein dan antioksidan dalam kopi juga dipercaya dapat melancarkan pembuluh darah untuk mempercepat regenerasi kulit. Sehingga kulit akan tampak lebih cerah merata.

Lidah buaya juga umum digunakan sebagai bahan alami yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit. Pasalnya, bahan alami ini mengandung banyak antioksidan yang berfungsi untuk menghalau paparan sinar UV ke kulit. Selain itu, gel lidah buaya juga memiliki bersifat melembapkan kulit dan mencerahkan wajah. Kandungan nutrisi dan mineral pada lidah buaya bahkan efektif untuk menghilangkan noda wajah secara perlahan.

Memutihkan kulit wajah dan tubuh Berbagai sumber

Memutihkan kulit wajah dan tubuh
TikTok/@nicputra

Dengan kedua bahan yang sudah disebutkan, kamu dapat membuat scrub wajah dan tubuh yang ampuh dalam memutihkan sekaligus meratakan warna kulit. Penggunaan yang rutin akan membuat kulitmu lebih cerah secara alami. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

1. 2-3 sendok makan gel lidah buaya
2. 1 sendok makan bubuk kopi

foto: TikTok/@nicputra

Cara membuat:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah bersih
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata
3. Pastikan wajah atau area tubuh yang kusam sudah kamu cuci terlebih dahulu agar bersih dari kotoran
4. Aplikasikan scrub pada wajah dan bagian tubuh yang akan kamu putihkan secara menyeluruh
5. Gosok-gosok dengan lembut kemudian diamkan selama 15-20 menit atau sampai kering
6. Bilas menggunakan air sampai bersih
7. Lanjutkan dengan penggunaan pelembap
8. Gunakan scrub pemutih kulit ini secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah dan tubuh yang cerah merata.

@nicputra TIPS memutihkan kulit secara alami! #viral #fyp #foryoupage #foru #samasamabelajar #berbagiilmu #tips #kulitputih #nicputra original sound - NIC PUTRA - Nic Putra

(brl/ola)

tags

STORIES