Tanpa putih telur, begini cara mengatasi flek hitam dan keriput wajah pakai 1 jenis tepung

Tanpa putih telur, begini cara mengatasi flek hitam dan keriput wajah pakai 1 jenis tepung

Brilio.net - Penuaan wajah jadi salah satu masalah kulit yang cukup menganggu bagi sebagian orang. Pasalnya, permasalahan ini menimbulkan efek samping seperti munculnya flek hitam dan keriput. Timbulnya flek hitam umumnya disebabkan oleh kelebihan pengeluaran melanin pada kulit.

Nah, faktor yang dapat menyebabkan kondisi itu biasanya karena terkena paparan sinar matahari, ketidakseimbangan hormon, kehamilan, efek samping dari pemakaian obat tertentu, kekurangan vitamin, kurang tidur, dan terlalu banyak stres. Semua orang dengan segala usia bisa mendapatkan flek hitam, tetapi kondisi ini lebih rentan dialami oleh orang yang berusia paruh baya atau lanjut usia.

Flek hitam adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik hitam pada wajah, lengan, bahu, dan bagian tubuh lainnya. Keriput juga merupakan masalah umum yang menjadi tanda jika kulit sudah mulai menua. Keriput adalah bagian yang timbul secara alami dari penuaan yang biasanya terdapat pada kulit yang sering terkena sinar matahari, seperti wajah, leher, tangan dan lengan bawah.

Faktor genetika dan sinar matahari adalah penyebab utama keriput. Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih tipis, kering, dan kurang elastis, sehingga kemampuan kulit untuk melindungi diri dari kerusakan berkurang. Hal ini menyebabkan kulit menjadi berkerut, muncul lipatan, dan garis halus.

Kebanyakan orang dengan usia lebih dari 30 tahun sering mengalami masalah ini. Tak sedikit yang mencari cara mengencangkan wajah dan memudarkan flek hitam menggunakan bahan-bahan alami. Putih telur merupakan bahan alami yang kerap digunakan untuk mengatasi keriput dan flek hitam berkat kandungan protein yang mampu meningkatkan regenerasi kulit.

Nggak harus putih telur, ada bahan alami lainnya yang dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah penuaan ini. Salah satunya seperti unggahan yang dibagikan akun TikTok @beautyhacks755 pada 6 Agustus 2023. Video tersebut berisi tentang cara mengatasi flek hitam dan keriput wajah pakai tepung beras. Selain tepung beras, pemilik akun juga menambahkan bahan lain seperti kuning telur dan yoghurt.

Tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan, tepung beras juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan kecantikan, terutama untuk kulit. Tepung beras mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit.

Atasi flek hitam dan keriput pakai 1 jenis tepung Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain itu, tepung beras juga dapat merangsang produksi kolagen yang membantu mengencangkan kulit. Tepung beras akan bekerja sebagai eksfoliator alami yang dapat mencerahkan bintik-bintik gelap dan flek hitam pada wajah. Bahkan, tepung beras mampu mengatasi flek hitam akibat paparan sinar matahari, berkat kandungan asam ferulic dan allantoin yang mengubahnya menjadi tabir surya alami yang baik.

Sedangkan kuning telur, mengandung vitamin alami, nutrisi, protein, dan asam lemak. Penggunaan kuning telur secara teratur dapat mencerahkan kulit sekaligus mengatasi masalah seperti kulit kendur, keriput, dan kulit tampak kusam. Bahkan masalah flek hitam dan pigmentasi pada wajah juga bisa memudar seiring waktu.

Begitupun dengan yogurt yang diklaim mampu mengencangkan kulit keriput dan memudarkan flek hitam. Selain mampu mengurangi kerutan dan membasmi jerawat, yogurt juga bermanfaat untuk mengatasi noda gelap di wajah dan membuatnya jadi lebih bersinar karena kandungan berbagai vitamin, zinc, dan lactic acid di dalamnya.

Ketiga bahan yang sudah disebutkan tersebut bisa kamu olah menjadi masker wajah. Masker wajah ini nantinya akan membantumu mengatasi kulit keriput dan flek hitam membandel akibat penuaan. Berikut cara membuatnya, seperti dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok/@beautyhacks755 pada Kamis (17/8).

Bahan:

Atasi flek hitam dan keriput pakai 1 jenis tepung Berbagai sumber

foto: TikTok/@beautyhacks755

1. 4 sendok makan tepung beras
2. 1 butir kuning telur
3. 1-2 sendok makan yoghurt

Cara membuat:

Atasi flek hitam dan keriput pakai 1 jenis tepung Berbagai sumber

foto: TikTok/@beautyhacks755

1. Campurkan bahan-bahan tersebut pada sebuah wadah
2. Aduk hingga tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Diamkan selama 30 menit
5. Bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
7. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus dan kencang.

@beautyhacks755 Diy face mask for weinkles #wrinkles #antiaging #diyfacemask #facemask #darkspots #viral #fyp #foryoupage #fypviral #tiktok #1millionviews original sound - Beautyhacks755

(brl/mal)

tags

STORIES