Tanpa scrub gula, ini cara bersihkan pori-pori tersumbat agar hidung mulus bebas komedo pakai 1 buah

Tanpa scrub gula, ini cara bersihkan pori-pori tersumbat agar hidung mulus bebas komedo pakai 1 buah

Brilio.net - Kulit memiliki berbagai macam bagian yang mempunyai perannya masing-masing, salah satunya pori-pori. Bagian tubuh satu ini memiliki peran sebagai tempat tumbuhnya rambut, tempat keluarnya keringat, dan sebagai jalur keluarnya sebum atau minyak.

Mempunyai kegunaan yang cukup penting, seperti bagian kulit lainnya, pori-pori kulit ini bisa berisiko tinggi mendapatkan berbagai masalah. Pori-pori tersumbat menjadi momok yang paling dihindari oleh sejumlah orang. Terkadang aktivitas di luar ruangan membuat minyak, sel-sel kulit mati, dan kotoran menyumbat pori-pori. Ini bisa menyebabkan munculnya komedo putih ataupun hitam, jerawat, dan masalah kulit lainnya.

Faktor lain yang menyebabkan pori-pori tersumbat adalah penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit. Penggunaan bahan, seperti komedogenik juga berpengaruh penting karena bisa menyebabkan penyumbatan. Agar pori-pori tak mudah tersumbat, gunakan produk dengan formula non komedogenik. Biasanya produk kecantikan tersebut tidak memiliki kandungan bahan-bahan yang menyebabkan penyumbatan pori-pori atau peradangan pada kulit.

Selain merawat wajah dengan menggunakan produk kecantikan tersebut, terdapat cara lain yang bisa kamu gunakan. Trik ini dibagikan oleh pengguna YouTube Shrutisingh530 yang membuat masker dari satu jenis buah yaitu tomat. Buah ini mengandung asam alpha-hydroxy (AHA) yang dapat membantu eksfoliasi kulit dengan lembut, mengangkat sel-sel kulit mati, dan membersihkan pori-pori. Selain itu, kandungan antioksidan dan vitamin C, pada tomat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu meningkatkan kolagen, sehingga dapat membantu menyamarkan tampilan pori-pori besar.

Sementara itu, madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu membersihkan pori-pori, mengurangi peradangan, dan mencegah jerawat. Kandungan alami dalam madu membantu melembapkan kulit tanpa membuatnya terlalu berminyak, sehingga cocok untuk kulit yang cenderung berminyak.

Kunyit sebagai bahan tambahan mengandung senyawa curcumin yang memiliki sifat antiinflamasi yang kuat, membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mengatasi masalah jerawat atau pori-pori tersumbat. Sifat antiseptik alami pada kunyit mampu membantu membersihkan kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan bahan-bahan di atas untuk membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat? Bagi kamu yang ingin mencobanya, yuk simak informasi di bawah ini seperti dikutip briliobeauty.netdariYouTube Shrutisingh530, Kamis (23/11).

Bahan-bahan:

cara bersihkan pori-pori tersumbat berbagai sumber

foto: YouTube/Shrutisingh530

1. 1/2 buah tomat
2. 1 sendok teh madu murni
3. 1 sendok teh bubuk kunyit.

Cara membuat:

cara bersihkan pori-pori tersumbat berbagai sumber

foto: YouTube/Shrutisingh530

1. Peras buah tomat dan masukkan ke dalam mangkuk
2. Tuangkan madu murni
3. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata
4. Campurkan bubuk kunyit pada bahan tersebut dan aduk kembali
5. Masker siap untuk digunakan.

Cara menggunakan:

cara bersihkan pori-pori tersumbat berbagai sumber

foto: YouTube/Shrutisingh530

1. Sebelum diaplikasikan, pastikan wajah dan area leher bersih terlebih dahulu
2. Oleskan masker tersebut
3. Diamkan kurang lebih 20 menit
4. Bersihkan menggunakan air biasa
5. Keringkan wajah menggunakan handuk bersih
6. Gunakan masker ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

(brl/tin)

tags

STORIES