Tanpa serum niacinamide, ini cara atasi flek hitam di wajah agar cerah merata pakai 2 bahan dapur

Tanpa serum niacinamide, ini cara atasi flek hitam di wajah agar cerah merata pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Ada berbagai masalah kulit wajah yang cukup mengganggu penampilan. Salah satunya adalah flek hitam. Selain bikin wajah jadi kurang mulus dan tampak kusam, flek hitam juga membuat warna kulit wajah jadi tidak merata. Masalah kulit wajah ini ditandai dengan munculnya bercak-bercak kehitaman di beberapa area kulit.

Flek hitam atau juga disebut dengan hiperpigmentasi ini umumnya terjadi pada bagian wajah, lengan, hingga punggung tangan, sehingga kehadirannya bisa membuat penderitanya jadi kurang percaya diri. Kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti paparan sinar matahari, polusi, hingga faktor penuaan.

Paparan sinar matahari yang berlebihan akan membuat produksi melanin atau pigmen pemberi warna alami kulit lebih banyak dari batas normal. Hal inilah yang membuat munculnya bintik-bintik atau flek berwarna cokelat kehitaman di beberapa area kulit wajah. Regenerasi kulit yang melambat seiring bertambahnya usia juga menjadi faktor munculnya flek hitam.

Salah satu masalah kulit wajah ini memang cukup mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Tak heran jika banyak orang yang mencari cara untuk memudarkan atau menghilangkan flek hitam dari wajahnya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Seperti perawatan wajah di klinik kecantikan, rajin menggunakan produk skincare, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satu produk skincare yang sering dijadikan andalan untuk mengatasi flek hitam adalah serum niacinamide. Bukan tanpa alasan, niacinamide adalah bahan aktif yang diklaim mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit. Seperti jerawat, flek hitam, hingga kulit kusam.

Bagi sebagian orang, penggunaan serum niacinamide memang efektif untuk mengatasi flek hitam. Namun bagi sebagian lainnya, kandungan niacinamide cukup keras digunakan untuk kulit wajah, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @naturalremedioss pada 26 Maret 2024. Dalam videonya, ia membagikan cara atasi flek hitam di wajah agar cerah merata pakai 2 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah tomat dan madu.

Atasi flek hitam di wajah agar cerah merata Berbagai sumber

foto: TikTok/@naturalremedioss

"Eliminate your face's imperfections with this homemade mask (Hilangkan ketidaksempurnaan wajah Anda dengan masker buatan sendiri ini)," tulis pemilik akun sebagai keterangan video unggahan, yang dikutipbriliobeauty.net,Senin(2/9).

Kedua bahan tersebut bisa kamu manfaatkan menjadi masker yang dipercaya ampuh memudarkan tampilan flek hitam di wajah. Penggunaannya secara rutin juga akan membuat wajah jadi cerah merata. Berikut cara membuat dan menggunakannya.

Atasi flek hitam di wajah agar cerah merata Berbagai sumber

foto: TikTok/@naturalremedioss

Bahan:

- 1/2 buah tomat
- Madu secukupnya

Cara menggunakan:

1. Cuci tomat sampai bersih.
2. Potong tomat menjadi 2 bagian.
3. Siapkan madu pada wadah.
4. Celupkan bagian potongan tomat pada madu.
5. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran serta sisa makeup.
6. Aplikasikan tomat yang sudah dicelup pada madu ke seluruh wajah.

Atasi flek hitam di wajah agar cerah merata Berbagai sumber

foto: TikTok/@naturalremedioss

7. Gosok-gosok dengan gerakan memutar.
8. Lakukan selama 5 menit lalu diamkan selama 15 menit dan pijat-pijat agar lebih meresap.
9. Bilas menggunakan air sampai bersih.
10. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.
11. Lakukan cara ini dengan rutin 3-4 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah merata bebas flek hitam.

Kandungan tomat unhtuk memudarkan flek hitam di wajah.

Tomat mengandung vitamin baik untuk tubuh dan kulit. Karena itulah, tomat banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Tak terkecuali untuk menghilangkan flek hitam dan berbagai tanda penuaan kulit. Pasalnya tomat memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C, A, B, kalium, dan magnesium, yang dipercaya dapat mencerahkan wajah, menghilangkan noda atau flek hitam yang membandel, mengatasi jerawat, dan masih banyak lagi. Kandungan antioksidan di dalamnya juga ampuh memudarkan tampilan flek hitam seiring waktu.

Manfaat madu untuk meratakan warna kulit wajah dan memudarkan flek hitam.

Menjadi bahan pemanis yang dikenal mampu melembapkan kulit, madu ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi flek hitam di wajah. Kandungan gula yang tinggi pada madu berperan sebagai eksfoliator alami kulit. Madu juga memiliki senyawa yang bersifat antioksidan, sehingga dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah kulit wajah.

Dikutip dari Healthline, madu murni memiliki kandungan yang sangat baik untuk kulit, terutama jika kamu memiliki jerawat dan flek hitam, serta kondisi kulit kering dan autoimun seperti eksim atau psoriasis. Bahkan madu juga efektif untuk membuat wajah jadi lebih kenyal, cerah, lembap, dan memiliki warna kulit lebih merata akibat sifat eksfoliator alaminya.

(brl/jad)

tags

STORIES