Tanpa serum symwhite 377, ini trik dapatkan wajah cerah dan bebas noda hitam pakai 1 jenis air bekas

Tanpa serum symwhite 377, ini trik dapatkan wajah cerah dan bebas noda hitam pakai 1 jenis air bekas

Brilio.net - Munculnya noda gelap di wajah merupakan salah satu masalah kulit yang menganggu penampilan banyak orang. Nah, noda gelap ini umumnya muncul dalam bentuk flek hitam atau bekas jerawat. Keduanya menjadi permasalahan serius bagi kamu yang ingin mencapai kulit wajah cerah berseri.

Flek hitam merupakan kondisi munculnya titik-titik pigmentasi di beberapa area kulit tertentu yang membuatnya terlihat lebih gelap daripada kulit sekitarnya. Biasanya, ini disebabkan oleh paparan sinar UV, terutama UVB, yang merangsang sel melanosit di kulit untuk menghasilkan lebih banyak melanin. Penumpukan ini kemudian akan muncul sebagai flek di permukaan kulit dalam bentuk bervariasi, mulai dari yang titik kecil hingga bercak yang besar.

Selain flek, noda gelap pada kulit juga dapat disebabkan oleh bekas jerawat. Ini terjadi karena peradangan yang terjadi saat jerawat muncul dapat merusak jaringan kulit dan memunculkan luka. Ketika sel-sel kulit baru tumbuh untuk memperbaiki kerusakan tersebut, mereka dapat mengandung melanin berlebihan. Proses ini kemudian akan meninggalkan bekas kehitaman yang terkenal dengan nama PIH (post inflammatory hyperpigmentation) tersebut.

Siapapun yang mengalami kedua masalah di atas sangat umum merasa kurang percaya diri dengan penampilannya. Namun begitu, kamu bisa mencoba mengatasi masalah tersebut dengan memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif. Beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan ialah berupa campuran air beras, aloe vera, dan bunga mawar sebagaimana dibagikan oleh @beau.tywithananya di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Selasa (24/10).

symwhite 377  Instagram

foto: freepik.com

Air beras kaya akan vitamin B kompleks, asam amino, mineral, dan antioksidan yang membantu memperbaiki kerusakan sel kulit akibat pigmentasi. Selain itu, ferulic acid yang terkandung dalam air beras memiliki peran penting sebagai agen pencerah kulit. Hal ini membuat air beras mampu menghambat produksi melanin, sehingga dapat mengurangi risiko kulit gelap akibat noda hitam yang muncul.

symwhite 377  Instagram

foto: freepik.com

Selain air beras, gel dari daun aloe vera juga memiliki manfaat besar. Kandungannya yang kaya akan aloin, aloesin, dan enzim proteolitik membantu mengurangi produksi melanin serta membantu menghilangkan noda hitam pada kulit. Enzim proteolitik juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati secara alami tanpa mengiritasi kulit. Semua manfaat ini membuat aloe vera efektif dalam menjadikan kulit terlihat lebih bersinar.

symwhite 377  Instagram

foto: freepik.com

Terakhir, air mawar mengandung banyak komponen vitamin dan asam lemak esensial yang bermanfaat untuk kulit. Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang melawan radikal bebas, sementara vitamin A dapat merangsang regenerasi sel kulit. Selain itu, vitamin C dalam bunga mawar membantu mencerahkan kulit dengan mengurangi produksi melanin. Ini menjadikan bunga mawar sebagai pilihan yang baik untuk mencerahkan kulit dari noda hitam.

Ketiga bahan di atas ini bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. Kelopak bunga mawar secukupnya
2. 1 mangkuk air hasil cucian beras
3. 2 sendok teh gel aloe vera
4. Wadah kecil

symwhite 377  Instagram

foto: Instagram/@beau.tywithananya

Langkah pengerjaan:

1. Masukkan beberapa kelopak bunga mawar yang telah dibersihkan dalam sebuah wajan.
2. Tuangkan 1 mangkuk air bekas rendaman beras (hasil cucian ketiga) dalam wajah tadi pula.
3. Rebuslah bunga mawar dan air beras tersebut selama 3 menit hingga mendidih sembari diaduk.
4. Tunggulah hingga dingin, lalu saringd an tuangkan airnya dalam wadah kecil.
5. Tambahkan 2 sendok teh gel aloe vera setelahnya.
6. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
7. Oleskan sebagai pelembap setiap pagi dan malam (2 kali sehari) secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

(brl/wen)

tags

STORIES