Tanpa tambahan lemon, begini trik mengecilkan tampilan pori wajah dengan 1 jenis biji-bijian

Tanpa tambahan lemon, begini trik mengecilkan tampilan pori wajah dengan 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Tinggal di lingkungan yang panas dan lembap seperti Indonesia membuat mayoritas orang memiliki masalah membesarnya pori-pori wajah. Belum lagi, persoalan ini bisa berujung pada munculnya komedo hingga jerawat.

Pori-pori besar jadi salah satu gangguan kulit yang umum dialami selain jerawat. Ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor termasuk genetika, usia, dan kebersihan wajah yang tidak terjaga. Faktor eksternal juga dapat membuat pori-pori wajah membesar. Paparan sinar UV dari matahari, polusi, dan asap rokok dapat merusak jaringan kolagen dan elastin, sehingga struktur kulit di pori-pori menjadi melemah.

Kulit di mulut pori-pori pun mengendur, sehingga pori-pori menjadi terlihat besar. Ukuran pori-pori wajah yang besar tidak dapat dikecilkan. Namun, tampilannya dapat disamarkan atau dikecilkan dengan beberapa cara sederhana. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Tanpa tambahan lemon, karena pemilik akun TikTok @dudaquinones pada 9 Juni 2022, justru hanya menggunakan 1 jenis biji-bijian. Biji-bijian yang dimaksud adalah flaxseed atau biji rami.

"How to actually make your pores look smaller (Cara sebenarnya yang membuat pori-pori kamu terlihat lebih kecil)," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @dudaquinones, Sabtu (30/9).

Mengecilkan tampilan pori wajah dengan 1 biji-bijian Berbagai sumber

foto: freepik.com

Flaxseed atau dikenal juga dengan biji rami dianggap sebagai makanan nabati paling berkhasiat di dunia. Bukan tanpa alasan, biji kecil yang sudah lama digunakan dalam pengobatan Ayuverda di Asia ini kaya akan berbagai nutrisi baik, salah satunya serat.

Selain itu, flaxseed juga kaya akan nutrisi lainnya, antara lain lignan, antioksidan, protein dan asam lemak tak jenuh ganda, seperti asam alfa-linoleat (ALA), atau omega-3. Berbagai kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk kulit. Salah satunya adalah membantu menyamarkan tampilan pori-pori wajah.

Mengecilkan tampilan pori wajah dengan 1 biji-bijian Berbagai sumber

foto: TikTok/@dudaquinones

Pasalnya, kandungan asam lemak yang terkandung dalam flaxseed membantu kulit tetap terhidrasi dan lembut. Antioksidan didalamnya juga memiliki kemampuan untuk mengencangkan kulit jika di jadikan sebagai masker wajah. Sehingga pori-pori wajah juga ikut mengencang seiring pemakaian yang rutin. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. Biji flaxseed secukupnya
2. 4 Sendok makan air

Mengecilkan tampilan pori wajah dengan 1 biji-bijian Berbagai sumber

foto: TikTok/@dudaquinones

Cara membuat:

1. Blender biji flaxseed hingga menjadi bubuk
2. Tuangkan 2 sendok makan bubuk biji flaxseed pada wadah
3. Tambahkan air lalu aduk keduanya sampai tercampur merata
4. Diamkan selama 15-20 menit hingga biji flaxseed melunak dan menjadi seperti pasta
5. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
6. Diamkan selama 20 menit atau sampai kering
7. Bilas menggunakan air sampai bersih sembari digosok dengan lembut
8. Keringkan wajah kemudian aplikasikan moisturizer
9. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang lebih halus dengan pori-pori mengecil.

@dudaquinones How to actually make your pores look smaller #facemask #athomefacialtreatment #poretightening #flaxseedsbenefits #skincaretips #skincare101 #DIY #LearnOnTiktok #SummerVibes Running Up That Hill (A Deal With God) - Kate Bush

(brl/far)

tags

STORIES