Tanpa tambahan madu dan kunyit, ini trik atasi jerawat meradang serta bekasnya pakai 1 jenis buah

Tanpa tambahan madu dan kunyit, ini trik atasi jerawat meradang serta bekasnya pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum dialami banyak orang, terutama remaja. Namun kondisi tersebut juga tidak jarang terjadi pada orang dewasa. Salah satu jenis jerawat yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang adalah jerawat meradang. Jerawat meradang muncul ketika folikel rambut di kulit tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri.

Proses ini menyebabkan peradangan yang ditandai dengan kemerahan, pembengkakan, dan rasa nyeri. Jika jerawat ini tidak ditangani dengan baik, apalagi saat asal dipencet, peradangan dapat semakin parah dan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Bekas jerawat terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu hiperpigmentasi pasca-inflamasi (PIH) dan scarring (bekas luka).

Hiperpigmentasi pasca-inflamasi terjadi ketika area kulit yang terkena jerawat meninggalkan noda gelap atau kemerahan yang memudar seiring waktu, namun bisa memakan waktu berbulan-bulan. Sebaliknya, scarring atau bekas luka sering kali berupa cekungan atau tonjolan yang dapat menyebabkan perubahan tekstur kulit.

Trik atasi jerawat meradang serta bekasnya pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@rikasays

Kebanyakan orang akan memanfaatkan skincare khusus untuk mengatasi kondisi ini. Padahal, kamu juga bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @rikasays. Dalam unggahannya, pemilik akun tersebut cuma memakai 1 jenis buah untuk mengatasi jerawat meradang dan bekasnya.

Buah yang dimaksud adalah tomat. Yuk, simak cara memakainya berikut ini, dilansir briliobeauty.net dari akun Instagram @rikasays pada Jumat (13/9).

Bahan:

- 1 buah tomat

Cara memakai:

Trik atasi jerawat meradang serta bekasnya pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@rikasays

1. Cuci wajah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih
2. Cuci tomat menggunakan air mengalir hingga bersih
3. Belah tomat menjadi 2 bagian
4. Gosokkan pada wajah secara menyeluruh dengan gerakan memutar (tekan-tekan sampai jus bagian dalamnya keluar)
5. Diamkan selama 20-30 menit
6. Bilas menggunakan air sampai bersih
7. Lanjutkan dengan penggunaan moizturizer
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Kandungan tomat untuk mengatasi jerawat meradang dan bekasnya

Trik atasi jerawat meradang serta bekasnya pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@rikasays

Tomat dikenal dapat membantu mengatasi jerawat meradang dan bekasnya berkat kandungan nutrisi dan sifatnya yang menenangkan kulit. Tomat kaya akan vitamin C yang memiliki efek antioksidan kuat, dan dapat membantu mencerahkan kulit serta mengurangi hiperpigmentasi.

Selain itu, tomat mengandung asam salisilat, bahan aktif yang efektif dalam membersihkan pori-pori dari kotoran dan minyak yang menyebabkan jerawat. Sifat anti-inflamasi dari tomat juga membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat meradang. Ketika diterapkan secara topikal atau dikonsumsi secara teratur, tomat dapat mendukung proses penyembuhan kulit, mengurangi peradangan, dan memudarkan bekas jerawat.

(brl/mal)

tags

STORIES