Tanpa tambahan oatmeal, ini cara atasi pori wajah tersumbat dan minyak berlebih pakai 1 jenis protein

Tanpa tambahan oatmeal, ini cara atasi pori wajah tersumbat dan minyak berlebih pakai 1 jenis protein

Brilio.net - Pori-pori wajah memiliki manfaat penting sebagai tempat keluarnya sebum atau minyak alami kulit, yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Namun bagaimana jadinya kalau ternyata produksi minyak jadi berlebihan? Kondisi ini akan memicu masalah kulit wajah, seperti ukuran pori wajah yang membesar, komedo, hingga jerawat.

Produksi minyak berlebih pada wajah biasanya disebabkan oleh perubahan hormonal, genetik, dan faktor cuaca. Nah, minyak yang berlebih ini akan menyebabkan kotoran, sel kulit mati, sisa makeup, dan debu mudah menempel pada wajah. Sehingga jika tak dibersihkan dengan optimal, akan tersumbat di pori-pori dan menyebabkan komedo.

Pori-pori wajah yang tersumbat ditandai dengan munculnya bintik hitam atau bintik putih pada wajah, sehingga wajah tampak kusam. Selain itu, tekstur kulit wajah juga tak lagi halus dan mulus. Jadi wajar saja jika banyak orang mencari cara untuk mengatasi pori wajah tersumbat dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tanpa tambahan oatmeal, karena pemilik akun TikTok @manosher222 justru memakai 1 jenis protein pada trik yang ia bagikan. Protein yang dimaksud adalah putih telur. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu perasan lemon.

"Open pores and oily skin face mask (masker wajah untuk membuka pori-pori dan kulit berminyak)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @manosher222, Selasa (5/12).

Atasi pori wajah tersumbat dan minyak berlebih Berbagai sumber

foto: freepik.com

Putih telur dikenal manfaatnya untuk membantu mengecilkan pori-pori di wajah. Sumber protein alami ini bisa digunakan sebagai eksfoliator yang mampu mengangkat sel kulit mati, minyak berlebih, debu, dan kotoran yang menyumbat di dalam pori-pori. Putih telur juga diklaim mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

Begitupun dengan lemon yang memiliki kandungan vitamin C tinggi, sehingga bermanfaat untuk mencerahkan dan membantu mengatasi wajah berminyak. Buah berwarna kuning ini juga mampu mengurangi peradangan kulit wajah, serta mengecilkan pori-pori penyebab berlebihnya produksi sebum.

Atasi pori wajah tersumbat dan minyak berlebih Berbagai sumber

foto: TikTok/@manosher222

Kedua bahan alami ini dipercaya mampu mengatasi masalah pori tersumbat dan minyak berlebih. Penggunaan yang rutin, akan membuat wajahmu lebih mulus, bebas komedo, dan antikilau. Begini cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

1. 1 butir putih telur
2. Perasan lemon secukupnya

Atasi pori wajah tersumbat dan minyak berlebih Berbagai sumber

foto: TikTok/@manosher222

Cara membuat dan menggunakan:

1. Pecahkan telur kemudian ambil putihnya saja.
2. Tuangkan putih telur pada wadah dan tambahkan perasan lemon.
3. Aduk keduanya sampai tercampur merata.
4. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih.
5. Aplikasikan masker buatanmu pada wajah secara menyeluruh.
6. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian lepaskan perlahan dan bilas menggunakan air sampai bersih.
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.
8. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus dan bebas minyak.

@manosher222 Open pores and oily skin face mask #oilyskin #openpores #facemaskdiy #diy #homeremedy #manosher222 #tuorkisikanahona #bollywoodsong original sound - Rahat Ghani

(brl/jad)

tags

STORIES