Tanpa teh hijau, ini cara atasi minyak berlebih di wajah penyebab pori besar pakai 2 jenis buah-buahan

Tanpa teh hijau, ini cara atasi minyak berlebih di wajah penyebab pori besar pakai 2 jenis buah-buahan

Brilio.net - Wajah yang berminyak memang cukup mengganggu penampilan. Selain jadi tampak mengilap, wajah juga rentan mengalami berbagai permasalahan kulit seperti komedo, jerawat, dan pori-pori yang tampak membesar.

Pori-pori sebenarnya memiliki fungsi sebagai tempat keluarnya sebum. Sebum merupakan minyak alami kulit yang memiliki manfaat untuk menjaga kulit agar tetap lembap. Namun terkadang karena beberapa faktor, seperti papran sinar matahari, genetik, gaya hidup, hingga hormon, akan membuat kulit memproduksi sebum secara berlebihan.

Karenanya, kotoran, sel kulit mati, dan debu yang menempel di wajah akan bercampur dengan sebum dan terjebak di pori-pori kulit. Kondisi ini lah yang akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan membesar. Jika terus dibiarkan, pori-pori yang membesar dan tersumbat akan berujung dengan munculnya komedo hingga jerawat.

Nah, salah satu solusi yang bisa kamu lakukan untuk menghindari masalah ini adalah dengan mengurangi minyak berlebih pada wajah. Kamu bisa mengandalkan bahan-bahan alami untuk merawat wajahmu. Tanpa teh hijau, karena pemilik akun TikTok @rythaa14 pada 29 Agustus 2020, justru menggunakan 2 jenis buah-buahan. Buah yang dimaksud adalah tomat dan jeruk nipis.

"Cara mengecilkan pori"di wajah kita cukup dngan 2bahan jeruk nipis+toman jgn lupa cuci muka dlu yha manteman selamat mencobaaaa," katanya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @rythaa14, Rabu (25/10).

Atasi minyak berlebih penyebab pori besar pakai 2 buah-buahan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tomat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Tak terkecuali untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dalam tomat menjadi alasan tomat kerap kali dijadikan sebagai bahan untuk merawat wajah. Salah satunya adalah mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah tomat tersebut dinilai dapat membuat pori-pori semakin mengecil. Tomat juga berpotensi untuk meredakan inflamasi dan iritasi kulit sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Sehingga jerawat tak akan mudah muncul di wajahmu.

Jeruk nipis juga bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi produksi minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori di wajahmu lho. Kandungan dalam jeruk nipis berperan sebagai astringen, sehingga tampilan kulit kamu menjadi lebih halus. Selain itu, pori-pori yang mengecil juga bisa menurunkan produk minyak yang berlebih. Hal ini berkat kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis.

Atasi minyak berlebih penyebab pori besar pakai 2 buah-buahan Berbagai sumber

foto: TikTok/@rythaa14

Nah, dengan kedua buah tersebut kamu dapat membuat masker wajah yang ampuh mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Penggunaan secara rutin juga akan membuat wajahmu lebih halus, mulus, dan pori-pori tampak tersamarkan. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 buah tomat
2. 1 buah jeruk nipis

Atasi minyak berlebih penyebab pori besar pakai 2 buah-buahan Berbagai sumber

foto: TikTok/@rythaa14

Cara membuat:

1. Cuci kedua buah yang akan digunakan sampai bersih
2. Parut tomat hingga benar-benat halus
3. Tambahkan perasan jeruk nipis
4. Aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur merata
5. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih
6. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
7. Diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
8. Keringkan wajah dan lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
9. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang bebas kilap dan pori-pori tampak mengecil.

@rythaa14 Cara mengecilkan pori"di wajah kita cukup dngan 2bahan jeruk nipis+toman jgn lupa cuci muka dlu yha manteman selamat mencobaaaa#fyp #masukberanda Dj Play Date - KOPIKU.NET

(brl/wen)

tags

STORIES