Tanpa teh hijau, ini trik ubah kulit kusam dan penuh noda hitam jadi glowing pakai 1 jenis buah

Tanpa teh hijau, ini trik ubah kulit kusam dan penuh noda hitam jadi glowing pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Secara singkat, kulit kusam merupakan sebutan yang digunakan untuk menggambarkan kondisi wajah tidak cerah dan segar. Biasanya, kondisi ini muncul setelah lambat-laun terjadi penumpukan kotoran di wajah akibat paparan debu, polusi, dan sinar matahari pasca beraktivitas yang tidak dibersihkan dengan baik. Akibatnya, proses ini lama-kelamaan akan mengotori kulit, membuat kulit kehilangan kilau alaminya.

Kondisi kulit kusam biasanya juga disertai dengan munculnya masalah flek hitam - istilah bagi munculnya spot gelap pada kulit. Nah, paparan sinar UV dari matahari sangatlah erat kaitannya dengan problematika ini, karena sinar tersebut dapat merangsang percepatan produksi pigmen warna (melanin) pada kulit. Penumpukan pigmen inilah yang kemudian muncul dalam bentuk bintik hingga bercak kehitaman pada kulit.

Untuk menghindari kondisi kulit di atas kamu nggak perlu ribet sampai melakukan perawatan mahal kok. Soalnya, ada bahan-bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mencapai kulit yang sehat tanpa harus menghamburkan uang.

Salah satunya seperti yang dibagikan dalam akun Instagram @miss.narang sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Kamis (2/11). Simpel banget, soalnya kamu cukup menggunakan pisang dan susu bubuk saja.

ubah kulit kusam  Instagram

ubah kulit kusam
freepik.com

Pisang mengandung senyawa bioaktif yang kaya akan enzim dan antioksidan, seperti vitamin C dan lutein. Tidak hanya membantu mengurangi produksi melanin berlebih pada kulit, kandungan ini juga berfungsi melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan hiperpigmentasi terjadi. Plus, enzim di dalam kulit pisang dapat membantu mengangkat kotoran dengan baik, sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan segar.

ubah kulit kusam  Instagram

ubah kulit kusam
freepik.com

Susu merupakan minuman bernutrisi yang memiliki banyak manfaat sebagai perawatan kulit. Kandungan asam laktat, sejenis asam alfa-hidroksi (AHA) pada susu membantu mengangkat lapisan sel kulit mati dengan lembut dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Kandungan ini membuat susu efektif dalam membantu proses meratakan warna kulit sehingga mengurangi penampilan flek hitam dan mencerahkan wajah dari kesan kusam.

Kedua bahan di atas ini bisa kamu gunakan dengan mengikuti petunjuk berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 buah pisang segar
2. 1 sendok makan susu bubuk murni
3. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

ubah kulit kusam  Instagram

ubah kulit kusam
Instagram/@miss.narang

1. Kupas 1 buah pisang segar, dan masukkan 1/2 potongnya dalam wadah kecil
2. Taburkan 1 sendok makan susu bubuk murni
3. Haluskan dan aduk seluruh bahan di atas hingga tercampur rata menjadi pasta
4. Aplikasikan ke wajah yang telah dibersihkan sebelumnya secara menyeluruh sembari dipijat lembut
5. Diamkan selama 15-20 menit
6. Bila dirasa cukup, bilas dengan air hingga bersih dari residu
7. Gunakan 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

View this post on Instagram

A post shared by Punjabi Kudi (@miss.narang)

(brl/ola)

tags

STORIES