Tanpa timun, ini trik rapatkan pori-pori besar dan berminyak agar tak jerawatan pakai 1 jenis buah

Tanpa timun, ini trik rapatkan pori-pori besar dan berminyak agar tak jerawatan pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Kulit berminyak merupakan salah satu dari jenis kulit yang dimiliki oleh banyak orang. Tipe kulit kerap menimbulkan banyak masalah kulit. Pasalnya kulit berminyak akan memproduksi sebum (minyak alami kulit) secara berlebihan, sehingga membuat kulit terlihat kusam dan kotor.

Salah satu ciri kulit berminyak adalah rongga pori-porinya yang cenderung lebih besar. Hal ini dipengaruhi oleh pengeluaran sebum di atas batas normal, sehingga memaksa pori-pori kulit juga melebar. Kondisi pori-pori yang melebar juga mempermudah kotoran masuk dan menyumbat pori-pori. Tak jarang kemudian kotoran bereaksi dengan bakteri dan kuman di dalam kulit, sehingga membentuk peradangan jerawat.

Meskipun produksi sebum sebenarnya bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, namun jika terjadi secara berlebih tidak akan baik untuk kesehatan kulit. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi pelebaran pori-pori, seperti fluktuasi hormon, stres, kondisi cuaca panas, hingga polusi dan paparan sinar matahari. Kondisi itu dapat memengaruhi keseimbangan produksi sebum yang menimbulkan problematika di atas.

Jika kamu menghadapi permasalah kulit tersebut, cobalah mengatasinya dengan bahan-bahan alami. Salah satu caranya dibagikan akun Instagram @beautywithsunanda0795, dilansir brilobeauty.net pada Sabtu (9/12), memanfaatkan tomat bersama tepung beras dan madu.

rapatkan pori berminyak  Instagram

rapatkan pori berminyak
freepik.com

Tomat adalah buah yang mengandung likopen, senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dan polusi faktor eksternal. Selain itu, komponen utama salicylic acid (BHA) dalam tomat telah dikenal sebagai bahan yang efektif dalam membantu mengontrol produksi minyak dan mengangkat kotoran. Hal ini kemudian dapat mengurangi jerawat dan menjaga keseimbangan kulit.

rapatkan pori berminyak  Instagram

rapatkan pori berminyak
freepik.com

Tepung beras memiliki sifat absorben yang secara efektif dalam menyerap kelebihan minyak dan membantu kulit mengontrol produksi sebum. Sifat eksfoliator alami dari tepung beras sangat efektif dalam membantu proses regenerasi dan mengangkat kotoran kulit. Hal inilah yang membuat tepung beras menjadi bahan alami yang bagus dalam mengatasi permasalahan pori-pori yang tersumbat.

rapatkan pori berminyak  Instagram

rapatkan pori berminyak
freepik.com

Madu adalah hasil ekstraksi lebah yang kaya akan antioksidan, enzim, vitamin, dan mineral. Gabungan komponen ini membuat madu efektif dalam membantu proses regenerasi kulit dan membersihkan pori-pori wajah dari kotoran. Selain itu, madu juga memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang bermanfaat meminimalisir masalah kulit yang dipicu penyumbatan pori-pori, termasuk jerawat.

Ketiga bahan di atas ini bisa kamu gunakan dengan mengikuti beberapa langkah sederhana berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok teh tepung beras
2. 1 sendok teh madu murni
3. 1/2 potong buah tomat
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

rapatkan pori berminyak  Instagram

rapatkan pori berminyak
Instagram/beautywithsunanda0795

1. Campurkan tepung beras dan madu masing-masing 1 sendok teh dalam wadah kecil.
2. Aduk rata keduanya hingga menjadi berbentuk pasta kental.
3. Oleskan 1/2 potong buah tomat ke campuran tadi hingga merata.
4. Usapkan tomat yang telah dibaluri campuran tepung beras dan madu itu ke wajah.
5. Lakukan dengan gerakan memutar selama lebih kurang 4-5 menit.
6. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas wajah hingga bersih dari residunya.

(brl/ola)

tags

STORIES