Tanpa whitening cream, ini cara cerahkan wajah kusam pakai masker salicylic acid dari 1 jenis tepung

Tanpa whitening cream, ini cara cerahkan wajah kusam pakai masker salicylic acid dari 1 jenis tepung

Brilio.net - Pernahkah ke ketika di depan kaca, kamu melihat wajah tampak kusam dan sayu? Tenang kamu nggak sendirian. Ternyata nggak sedikit orang yang mengalami dan bergelut dengan masalah wajah kusam. Masalah ini umumnya disebabkan oleh pikiran yang stres, kurang tidur, atau memang sedang mengalami penuaan alami.

Selain itu, dehidrasi juga menyebabkan kulit wajah jadi kusam. Tidak cukup minuman air membuat tingkat kelembapan berada di bawah kulit berkurang. Dampaknya kulit kamu jadi mudah kering, kasar, dan muncul kerutan, bahkan bisa terlihat kurang bercahaya.

Penting juga untuk memperhatikan pola makan yang sehat setiap hari. Ternyata pola makan nggak hanya berdampak terhadap tubuh secara keseluruhan, kulit juga bisa terganggu kalau pola makan buruk. Sering mengonsumsi makanan olahan yang rendah nutrisi misalnya, bisa menyebabkan kulit kusam. Perbaikilah dengan makan makanan real food seperti sayuran dan buah-buahan.

Nah, agar wajah kamu kembali cerah kamu bisa mulai merawat kulit dengan produk skincare, contohnya krim pemutih atau whitening cream. Namun whitening cream ini terkadang dibanderol dengan harga yang cukup mahal dan bikin kantong jebol bila dipakai terus-terusan.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan masker salicylic acid yang terbuat dari bahan alami. Trik ini dibagikan oleh beauty vlogger dengan akun Instagram @ritu.singh27 pada Minggu (14/4). Bahan yang dipakai yakni tepung besan, susu bubuk, dan jus tomat. Ketiga bahan tersebut punya manfaatnya masing-masing bagi kecantikan kulit wajah.

Tepung besan sebagai eksfoliasi alami.

cara bikin masker salicylic acid  2024 Freepik.com

cara bikin masker salicylic acid
2024 Freepik.com/berbagai sumber

Tepung besan punya sifat eksfoliasi yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga diklaim mencerahkan wajah secara alami. Dilansir briliobeauty.net dari bebeautiful.in, Jumat (31/5), tepung besan punya kemampuan menghilangkan minyak berlebih tanpa menghilangkan kelembapan alami pada kulit. Selain itu, tepung besan punya sifat basa yang artinya bisa menjaga tingkat pH kulit dengan baik.

Kandungan asam laktat di susu bubuk bantu angkat sel kulit mati.

cara bikin masker salicylic acid  2024 Freepik.com

cara bikin masker salicylic acid
2024 Freepik.com/berbagai sumber

Sementara itu, susu bubuk mengandung lactic acid atau asam laktat memiliki kemampuan eksfoliasi alami. Kandungan ini bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel baru. Selain itu, susu bubuk juga punya kandungan enzim dan protein yaitu casein dan whey yang diklaim bikin wajah jadi lembut dan cerah.

Tomat mampu merangsang produksi kolagen untuk regenerasi sel kulit baru.

cara bikin masker salicylic acid  2024 Freepik.com

cara bikin masker salicylic acid
2024 Freepik.com/berbagai sumber

Kemudian adanya jus tomat dalam masker salicylic acid ini diklaim bisa cerahkan wajah. Pasalnya dalam jus tomat mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C pada tomat juga diklaim merangsang pertumbuhan jaringan ikat baru, sehingga mampu menyembuhkan luka pada kulit. Tak cuma itu, buah tomat punya kemampuan merangsang produksi kolagen dalam kulit. Hal ini memberikan dampak baik kulit, lantaran kulit dapat meregenerasi sel-sel kulit dan bikin cerah.

Untuk membuat masker salicylic acid kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang dibagikan oleh @ritu.singh27, sebagai berikut:

Bahan:

- 1 sendok teh tepung besan
- 1 sendok teh susu bubuk
- 2 sendok makan jus tomat.

Cara membuat:

cara bikin masker salicylic acid.  2024 Instagram

cara bikin masker salicylic acid.
2024 Instagram/@ritu.singh27

1. Siapkan mangkuk bersih.
2. Tuangkan tepung besan ke dalam mangkuk.
3. Campurkan susu bubuk.
4. Tuangkan jus tomat pada bahan tersebut.
5. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata.
6. Masker siap kamu gunakna.

Cara menggunakan:

cara bikin masker salicylic acid.  2024 Instagram

cara bikin masker salicylic acid.
2024 Instagram/@ritu.singh27

1. Aplikasikan pada wajah yang sudah kamu bersihkan.
2. Tunggu selama 15 hingga 20 menit.
3. Bilas masker menggunakan air biasa.
4. Keringkan wajah menggunakan handuk ataupun tisu bersih dengan cara di tap-tap
5. Ulangi penggunaan masker dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Manfaat salicylic acid bagi wajah kusam.

Salicylic acid merupakan bahan aktif yang biasanya digunakan dalam produk skincare. Biasanya salicylic acid ini punya kemampuan menghilangkan jerawat dan bekasnya. Tidak cuma itu, salicylic acid juga bisa mengatasi pori-pori wajah yang tersumbat oleh sel-sel kulit mati dan minyak yang berlebihan. Kemampuannya sebagai eksfoliator alami membuat salicylic acid ini mampu membersihkan, sehingga terhindar dari komedo membandel.

(brl/psa)

tags

STORIES