Tanpa yoghurt, trik lembapkan kulit kering bersisik ini cuma pakai madu dan tambahan 1 jenis buah

Tanpa yoghurt, trik lembapkan kulit kering bersisik ini cuma pakai madu dan tambahan 1 jenis buah

Brilio.net - Kulit kering bersisik ditandai dengan kondisi di mana permukaan kulit kehilangan kelembapan dan tampak kasar serta bersisik. Gejala ini biasanya disertai dengan rasa gatal, kemerahan, dan dalam kasus yang lebih parah, retakan pada kulit. Ada beberapa penyebab utama yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan bersisik.

Salah satunya adalah perubahan cuaca, seperti suhu dingin dan rendahnya kelembapan udara yang sering terjadi di musim dingin. Cuaca ekstrem ini dapat menguras kelembapan dari kulit, menyebabkan kulit menjadi kering dan lebih rentan terhadap iritasi.

Selain faktor lingkungan, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia keras juga menjadi penyebab kulit kering bersisik. Sabun dan pembersih yang bersifat mengeringkan dapat merusak lapisan pelindung alami kulit. Demikian pula, mandi dengan air panas yang terlalu sering juga dapat menghilangkan minyak alami dari kulit, serta memperburuk kondisi kulit kering.

Nah, untuk mengatasi kondisi ini, penggunaan moisturizer atau pelembap menjadi hal penting guna mengurangi efek kulit kering bersisik. Nggak cuma itu saja, kamu juga bisa memaksimalkan perawatan dengan memanfaatkan bahan alami, seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @najaalak.

Trik lembapkan kulit kering bersisik pakai madu dan 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@najaalak

Lewat unggahannya tersebut, pemilik akun membagikan trik bikin masker wajah pakai madu dan tambahan 1 jenis buah untuk mengatasi kulit kering bersisik. Buah yang dimaksud adalah alpukat. Yuk, simak cara membuat dan memakainya berikut ini, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @najaalak, Rabu (21/8).

Bahan:

- 1 buah alpukat matang
- 1/2 gelas air
- Madu secukupnya

Trik lembapkan kulit kering bersisik pakai madu dan 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@najaalak

Cara membuat dan memakai:

1. Kupas alpukat dan ambil dagingnya saja
2. Masukkan kedalam blender dan tambahkan air serta madu
3. Blender bahan-bahan tersebut sampai benar-benar halus
4. Tuangkan pada wadah
5. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
6. Diamkan selama 10 menit dan bilas menggunakan air sampai bersih
7. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang kenyal, lembap, dan halus.

Trik lembapkan kulit kering bersisik pakai madu dan 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: TikTok/@najaalak

Kandungan alpukat untuk mengatasi kulit kering bersisik.

Alpukat mengandung lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal, yang membantu meningkatkan kelembapan kulit dengan membangun dan memperbaiki lapisan pelindungnya. Asam lemak ini juga dapat memperbaiki kerusakan pada sel-sel kulit, memberikan hidrasi mendalam dan mengurangi kekasaran serta kekeringan.

Selain itu, alpukat kaya akan vitamin E dan vitamin C, dua antioksidan kuat yang memainkan peran penting dalam melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan. Vitamin E membantu melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan mendukung proses regenerasi kulit, sementara vitamin C berkontribusi pada produksi kolagen, yang meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit.

Manfaat madu untuk menjaga kulit tetap lembap.

Madu merupakan bahan alami yang efektif mengatasi kulit kering bersisik berkat sifat humektannya. Sebagai humektan, madu menarik kelembapan dari udara dan menahannya di lapisan kulit, sehingga membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, madu mengandung berbagai zat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat meredakan iritasi dan peradangan pada kulit kering.

(brl/lea)

tags

STORIES