Terapkan lifestyle Kaluna Home Sweet Loan, ini 7 cara menghemat pengeluaran skincare tanpa takut boros

Terapkan lifestyle Kaluna Home Sweet Loan, ini 7 cara menghemat pengeluaran skincare tanpa takut boros

Brilio.net - Di era kecantikan yang semakin berkembang, skincare menjadi bagian penting dalam rutinitas sehari-hari. Namun, biaya untuk membeli skincare tidaklah sedikit, sering kali menjadi beban. Banyak orang merasa harus mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan hasil yang optimal, padahal ada cara untuk menghemat pengeluaran tanpa mengorbankan kualitas.

Nah, baru-baru ini publik sedang diramaikan dengan sosok Kaluna dalam film Home Sweet Loan. Diketahui bahwa Kaluna merupakan seorang sandwich generation yang berpenghasilan sekitar Rp 6 juta, namun tetap bisa mengumpulkan tabungan hingga mencapai Rp 330 juta dalam waktu 7 tahun.

Bukan tanpa alasan, diketahui bahwa Kaluna memang menerapkan life style yang hemat dengan konsep frugal living. Nah, lifestyle ini juga bisa kamu terapkan untuk menghemat pengeluaran skincare tanpa takut boros. Caranya, kamu bisa menyimak 7 poin di bawah ini, briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (14/10).

1. Pilih produk multifungsi.

Cara menghemat pengeluaran skincare terapkan life style Kaluna Home Sweet Loan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan produk multifungsi dapat mengurangi jumlah produk yang dibeli. Sebuah studi di jurnal Cosmetics menyatakan bahwa produk yang menggabungkan beberapa fungsi, seperti moisturizer yang juga memiliki SPFdapat mengurangi pengeluaran dan mempercepat rutinitas skincare. Dengan memilih produk yang memiliki lebih dari satu kegunaan, kamu bisa menghemat tanpa mengorbankan efektivitas.

2. Gunakan sample atau travel size.

Berdasarkan International Journal of Cosmetic Science, menggunakan sample atau travel size produk dapat membantu mengurangi pemborosan pada produk yang mungkin tidak cocok. Banyak brand skincare menawarkan sample gratis atau ukuran kecil, memungkinkan kamu mencoba sebelum membeli ukuran penuh. Dengan begitu, dapat menghemat uang dan membantu kamu menemukan produk yang benar-benar efektif bagi kulit.

3. Rutin melakukan eksfoliasi di rumah.

Cara menghemat pengeluaran skincare terapkan life style Kaluna Home Sweet Loan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Menurut penelitian di Journal of Dermatology, eksfoliasi dapat dilakukan dengan bahan alami yang ada di rumah, seperti gula atau oatmeal. Bahan alami tersebut dapat mengurangi kebutuhan untuk membeli scrub mahal. Dengan membuat scrub sendiri, kamu tidak hanya menghemat uang, tetapi juga dapat memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

4. Investasi pada produk berkualitas, bukan kuantitas.

Jurnal dari Journal of Cosmetic Dermatology menekankan pentingnya investasi pada produk berkualitas. Meskipun produk premium mungkin lebih mahal di awal, tapi sering kali lebih efektif dan sedikit dibutuhkan dalam penggunaan. Mengganti produk yang lebih murah tetapi kurang efektif, dengan satu produk berkualitas tinggi dapat mengurangi total pengeluaran dalam jangka panjang.

5. Terapkan rutinitas skincare minimalis.

Cara menghemat pengeluaran skincare terapkan life style Kaluna Home Sweet Loan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Penelitian dari Harvard Health Publishing menunjukkan bahwa menerapkan konsep minimalis dalam skincare dapat mengurangi pengeluaran. Dengan memilih produk yang tepat dan membatasi jumlah langkah dalam rutinitas, kamu dapat mengurangi biaya sambil tetap menjaga kesehatan kulit. Fokus pada produk dasar seperti cleanser, moisturizer, dan sunscreen, serta menghindari produk tambahan yang tidak perlu bisa menjadi solusi yang baik.

6. Manfaatkan diskon produk.

Banyak merek skincare menawarkan diskon yang bisa dimanfaatkan. Menurut survei dari Consumer Reports, pengguna yang memanfaatkan promo atau diskon dapat menghemat hingga 30% dari total pengeluaran mereka. Mendaftar untuk newsletter atau mengikuti akun media sosial brand skincare favorit kamu bisa memberikan informasi terbaru tentang penawaran yang menguntungkan.

7. Follow beauty influencer.

Cara menghemat pengeluaran skincare terapkan life style Kaluna Home Sweet Loan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Beauty influencer merupakan orang yang sangat meminati dunia kecantikan, termasuk skincare. Mereka bukanlah ahli namun pengetahuan dan pengalamannya terkait bidang ini sangatlah banyak. Jadi, para beauty influencer biasanya memiliki kapasitas untuk merekomendasikan maupun mengiklankan produk-produk terbaik untuk audiensnya.

Dilansir dari Rest Less, kamu dapat mengikuti akun beauty influencer yang juga sering memberi tips bagaimana cara hemat budget. Selain itu, mereka juga sering memberi diskon dalam bentuk kode promo khusus untuk followers, berkat kerja sama yang terjalin antara mereka dan brand.

(brl/lut)

tags

STORIES