Trik ampuh pudarkan hiperpigmentasi dalam dua hari, cuma pakai 1 bahan alami

Trik ampuh pudarkan hiperpigmentasi dalam dua hari, cuma pakai 1 bahan alami

Brilio.net - Mempunyai kulit wajah yang halus, cerah dan tanpa noda menjadi salah satu dambaan bagi banyak orang. Nggak salah kalau banyak yang rela merogoh kocek dalam untuk menjalani treatment di klinik kecantikan atau membeli skincare dengan harga selangit. Salah satu permasalahan kulit yang sering dirisaukan banyak orang adalah hiperpigmentasi atau bekas jerawat.

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan sulitnya hiperpigmentasi hilang, seperti paparan sinar matahari, gangguan perubahan hormon seperti melasma, hingga penuaan sekalipun. Meski begitu, kini sudah ada banyak produk skincare yang mengandung bahan-bahan yang diformulasikan untuk memudarkan hiperpigmentasi, seperti niacinamide, retinol, vitamin C, dan sebagainya.

Di antara berbagai produk perawatan kulit dan teknik yang tersedia, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai alternatifnya. Pengguna TikTok dengan akun @blessedbydeij membagikan trik menghilangkan bekas jerawatan dengan satu bahan alami yang telah digunakan sejak zaman kuno agar kulit cerah dan sehat.

Dalam video tersebut, pemilik akun menggunakan air beras. Bukan tanpa alasan, air beras ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan utamanya termasuk vitamin B kompleks, asam amino, mineral, dan antioksidan yang membantu memperbaiki kerusakan sel, meningkatkan elastisitas kulit, dan mencegah penuaan dini.

Cuma pakai air bekas  TikTok

foto: freepik.com

Selain itu, air beras memiliki kemampuan mencerahkan kulit, lho. Pasalnya, kandungan asam ferulat dalam air beras sangat berperan sebagai agen pencerah yang efektif. Asam ferulat menghambat produksi melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Dengan demikian, air beras membantu mengurangi hiperpigmentasi, noda hitam, dan memudarkan bintik-bintik gelap, memberikan kulit wajah jadi lebih cerah dan merata.

Setelah mengetahui manfaat air beras bisa digunakan sebagai skincare, jadi sayang kan membuang air bekas cucian berasnya? Dilansir briliobeauty.net pada Sabtu (17/6), akun @blessedbydeij menunjukkan cara penggunaan air beras untuk memudarkan hiperpigmentasi.

Cuma pakai air bekas  TikTok

foto: TikTok/@blessedbydeij

Caranya cukup saring air cucian beras tersebut ke dalam sebuah wadah yang kiranya tidak digunakan. Dalam video tersebut, pemilik akun menyimpan air berasnya dalam sebuah botor berukuran besar.

Cuma pakai air bekas  TikTok

foto: TikTok/@blessedbydeij

Pertama-tama, cucilah muka dengan facewash yang kamu miliki agar kulit terasa bersih dan siap menerima step skincare selanjutnya. Kemudian, usapkan beberapa kali air beras tersebut sebagai toner wajah agar kulit kamu siap menerima skincare setelahnya.

Cuma pakai air bekas  TikTok

foto: TikTok/@blessedbydeij

Selanjutnya, bagi 2 kapas yang kamu miliki dan celupkan kapas tersebut ke rendaman air beras yang kamu miliki. Kemudian, pasanglah kapas yang telah basah tersebut ke seluruh bagian wajah untuk dijadikan sebagai masker. Tunggu sekitar 5-10 menit, kemudian lepaskan kapas-kapas tersebut dan usapkan air beras yang masih tersisa secara merata ke seluruh muka dan leher.

Cuma pakai air bekas  TikTok

foto: TikTok/@blessedbydeij

Terakhir, lanjutkan rutinitas skincare yang kamu miliki seperti biasa, dan jangan lupa diakhiri dengan pelembap. Apabila kamu menggunakannya secara rutin, kamu sudah bisa melihat perubahan wajah yang lebih cerah, glowing, serta noda hitam memudar hanya dalam waktu 2 hari saja lho.

@blessedbydeij Start saving that rice water!! #naturalskincare #skincarehacks #athomeskincare #diyskincare #ricewater #ricewaterbenefits #ricewaterskincare #diyfacemask #diyskin #fyp Aesthetic Sound - dankeeee fr 1500 follower

(brl/mal)

tags

STORIES