Trik bikin wajah kusam jadi lebih putih hanya pakai 2 jenis daun, modal Rp 2.000 kulit auto glowing

Trik bikin wajah kusam jadi lebih putih hanya pakai 2 jenis daun, modal Rp 2.000 kulit auto glowing

Brilio.net - Wajah yang tampak kusam akan terlihat lebih gelap dan kurang bercahaya. Hal ini umumnya diakibatkan oleh berbagai faktor. Seperti paparan sinar matahari, polusi, kebiasaan sehari-hari, hingga kurangnya perawatan wajah.

Akibatnya, segala kotoran maupun polusi yang menempel pada wajah bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai masalah kulit lainnya, salah satunya jerawat. Faktor internal seperti pola makan tidak sehat, kurang minum air putih, dan kurang tidur juga dapat memicu kulit menjadi kusam.

Karena itu, tidak heran jika banyak wanita melakukan berbagai cara untuk memutihkan wajahnya yang kusam. Mulai dari memakai banyak skincare sampai melakukan treatment atau perawatan wajah yang menggunakan alat-alat medis. Namun, sebenarnya kamu bisa mendapatkan kulit putih dan cerah bersinar dengan bahan-bahan alami saja lho.

Seperti unggahan dari akun TikTok @resep_sehat pada 4 April 2023, yang membagikan tentang trik bikin wajah kusam jadi lebih putih hanya pakai 2 jenis daun, yakni daun sirih dan daun jambu biji. Dia juga menambahkan bahan lain yaitu tepung beras.

"pemutih wajah alami," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @resep_sehat, Senin (9/10).

Bikin wajah kusam jadi putih pakai 2 jenis daun Berbagai sumber

Bikin wajah kusam jadi putih pakai 2 jenis daun
freepik.com

Sebagai tanaman herbal yang umum digunakan untuk mengatasi bau mulut, masalah gigi, dan gusi, serta sebagai pembersih vagina, ternyata daun sirih juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi wajah kusam. Hal ini berkat kandungan hydroxychavicol, yaitu zat yang didapatkan dari ekstraksi daun sirih. Hydroxychavicol memiliki sifat antioksidan yang dapat meningkatkan elastisitas kulit serta memutihkan dan mencerahkan kulit.

Sementara daun jambu biji juga memiliki berbagai kandungan seperti, flavonoid, zat besi, serta vitamin A dan C, yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satu manfaatnya adalah memutihkan wajah kusam. Manfaat daun jambu biji untuk wajah ini dapat diperoleh berkat kandungan vitamin C yang ada di dalamnya. Vitamin C dapat mencerahkan kulit karena mampu menghambat produksi melanin. Semakin rendah kadar melanin, makin cerah warna kulit.

Tepung beras memang banyak dikenal sebagai bahan alami yang mampu memutihkan kulit kusam. Asam amino, enzim tirosinase, dan vitamin yang terkandung di dalam tepung beras bekerja untuk memutihkan kulit dengan meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Hal itu yang membuat tepung beras efektif untuk mengatasi wajah kusam dan keriput akibat paparan sinar matahari.

Bikin wajah kusam jadi putih pakai 2 jenis daun Berbagai sumber

Bikin wajah kusam jadi putih pakai 2 jenis daun
TikTok/@resep_sehat

Dengan ketiga bahan yang sudah disebutkan, kamu dapat mengolahnya menjadi masker wajah yang ampuh mengatasi berbagai permasalahan kulit. Salah satunya adalah memutihkan wajah yang kusam dan gelap. Bahkan dengan bahan-bahan tersebut kamu cukup merogoh kocek Rp 2 ribu saja untuk mendapatkan wajah yang putih dan glowing. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 3 lembar daun sirih
2. 3 lembar daun jambu biji
3. Air secukupnya
4. 1 sendok makan tepung beras

Bikin wajah kusam jadi putih pakai 2 jenis daun Berbagai sumber

Bikin wajah kusam jadi putih pakai 2 jenis daun
TikTok/@resep_sehat

Cara membuat:

1. Cuci daun sirih dan daun jambu biji sampai bersih
2. Potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil
3. Tumbuk kedua jenis daun tersebut hingga benar-benar halus
4. Setelah halus, tambahkan air dan tepung beras
5. Aduk-aduk sampai tercampur merata dan bertekstur seperti pasta
6. Aplikasikan masker pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
7. Diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air hangat
8. Keringkan wajah kemudian aplikasikan pelembap andalanmu
9. Gunakan secara rutin setiap malam atau 2 hari sekali untuk mendapatkan wajah yang putih dan antikusam.

@resep_sehat pemutih wajah alami #pemutihwajahalami #pemutihwajahalamicepat Rude Boy Anantavinnie Remix - anantavinnie

(brl/ola)

tags

STORIES