Trik cegah bau kaki saat pakai sepatu heels ini cuma pakai 1 produk skincare, ini cara pakainya

Trik cegah bau kaki saat pakai sepatu heels ini cuma pakai 1 produk skincare, ini cara pakainya

Brilio.net - Penggunaan sepatu heels sering kali menjadi pilihan favorit banyak orang untuk acara formal atau sebagai pelengkap gaya. Namun, sepatu ini bisa menyebabkan bau kaki karena beberapa alasan yang berkaitan dengan desain dan kondisi penggunaan.

Sepatu heels sering kali terbuat dari bahan sintetis yang kurang dapat bernapas dibandingkan dengan bahan alami seperti kulit atau kanvas. Ketika kaki terjebak dalam sepatu yang tidak memiliki ventilasi memadai, kelembapan dari keringat cenderung terperangkap, menciptakan lingkungan lembap yang ideal bagi pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab bau.

Desain sepatu heels yang sering kali menyempit di bagian jari kaki juga berkontribusi pada masalah ini. Jari-jari kaki yang tertekan dalam posisi sempit tidak hanya membuat kaki merasa tidak nyaman, tetapi juga meningkatkan produksi keringat dan mempersulit sirkulasi udara.

Jika kamu salah satu orang yang mengalami kondisi ini, tak perlu risau, karena kamu bisa mencegah bau kaki saat memakai heels dengan 1 produk skincare. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @patriciangelss. Produk skincare yang dimaksud adalah body lotion. Pastikan untuk memilih body lotion yang bertekstur ringan, tidak lengket, dan mudah menyerap, ya.

Trik cegah bau kaki saat pakai sepatu heels TikTok

foto: TikTok/@patriciangelss

"Solusi kaki bau keringet," tulis pemilik akun dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @patriciangelss, Senin (5/8).

Selain memakai body lotion, pemilik akun TikTok juga menggunakan pantyliner untuk menyerap keringat pada area kaki. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menempelkan pantyliner di area sepatu bagian tumit. Setelah itu, aplikasikan body lotion atau sejenisnya pada area kaki secara menyeluruh.

Trik cegah bau kaki saat pakai sepatu heels TikTok

foto: TikTok/@patriciangelss

Pastikan untuk mengaplikasikan body lotion hingga ke sela-sela jari. Kemudian, tunggu hingga body lotion meresap dan kamu bisa langsung menggunakan sepatu heels andalan. Trik ini akan membantu mengurangi hingga mencegah munculnya bau kaki yang tak sedap.

Trik cegah bau kaki saat pakai sepatu heels TikTok

foto: TikTok/@patriciangelss

Manfaat menempelkan pantyliner di area sepatu untuk mengatasi bau.

Pantyliner dirancang untuk menyerap kelembapan dan bau, sehingga ketika ditempelkan di dalam sepatu, produk tersebut berfungsi untuk menyerap keringat yang dihasilkan oleh kaki. Dengan menyerap kelembapan ini, pantyliner mencegah penumpukan keringat di dalam sepatu, yang dapat menciptakan lingkungan lembap sebagai tempat pertumbuhan bakteri penyebab bau.

Penggunaan body lotion dapat mencegah bau pada kaki.

Penggunaan body lotion dapat melembapkan kulit kaki, sehingga mampu mencegah kekeringan dan iritasi. Kulit yang kering cenderung pecah-pecah dan iritasi, menciptakan area di mana bakteri dan jamur dapat berkembang, yang berpotensi menyebabkan bau tidak sedap. Dengan menjaga kelembapan kulit, body lotion membantu menciptakan kondisi yang kurang ideal bagi pertumbuhan mikroorganisme tersebut.

Beberapa lotion juga memiliki wangi yang dapat menyamarkan atau mengurangi bau yang tidak diinginkan. Namun, penting untuk memastikan bahwa lotion yang digunakan tidak terlalu berminyak atau berat, karena kelebihan minyak juga bisa menyebabkan penumpukan keringat dan bau.

(brl/wen)

tags

STORIES