Trik hilangkan gigi kuning berkerak satu menit ini cuma butuh 2 bahan dapur, begini cara pakainya

Trik hilangkan gigi kuning berkerak satu menit ini cuma butuh 2 bahan dapur, begini cara pakainya

Brilio.net - Gigi kuning berkerak atau kalkulus gigi merupakan plak yang mengeras pada permukaan gigi. Biasanya karang gigi terbentuk pada bagian bawah gusi dan mampu menyebabkan iritasi pada gusi. Tak cuma itu, gigi kuning berkerak lama kelamaan bisa menyebar dan menyebabkan permukaan jadi lebih lengket.

Penyebab gigi kuning berkerak yang paling umum adalah tak menjaga kebersihan dengan baik. Jarang menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman berwarna, seperti kopi, teh, soda, dan apel bisa meninggalkan noda. Melansir dari Healthline, Kamis (4/7) makanan dan minuman yang tak segera dibersihkan bisa mengakibatkan terjadinya penumpukan pada plak gigi dan menyebabkan gigi jadi tampak kuning.

Penyebab lainnya berasal dari pemakaian pasta gigi yang mengandung fluoride yang berlebihan. Melihat sejumlah penyebab dari gigi kuning berkerak adalah mengatasinya dengan rutin menyikatnya. Namun adanya kebiasan buruk seperti merokok atau minum kopi sulit untuk membuat gigi jadi putih dan bersih kembali. Maka dari itu, kamu bisa menghilangkan gigi berkerak kuning pakai cara alami.

Seperti halnya yang dilakukan pengguna TikTok betha.beauty_health. Lewat unggahan video, ia memanfaatkan dua bahan dapur yaitu garam dan baking soda. Kedua bahan ini diklaim bisa putihkan gigi berkerak. Cara menggunakannya, kamu bisa menyimak langkah-langkah di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari TikTok
@betha.beauty_health, Kamis (4/7):

Bahan:

atasi gigi kuning berkerak. berbagai sumber

foto: TikTok/betha.beauty_health

- 1/2 Sendok makan garam
- 1/2 Sendok makan baking soda
- Air putih secukupnya.

Cara membuat:

atasi gigi kuning berkerak. berbagai sumber

foto: TikTok/betha.beauty_health

1. Siapkan mangkuk bersih
2. Masukkan garam dan baking soda ke dalam mangkuk
3. Tuangkan sedikit air
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
5. Bahan siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

atasi gigi kuning berkerak. berbagai sumber

foto: TikTok/betha.beauty_health

1. Ambil campuran garam dan baking soda dengan sikat
2. Gunakan untuk menyikat gigi secara perlahan
3. Diamkan selama satu menit dan kumur hingga bersih
4. Gunakan trik sesekali saja dan jangan terlalu sering, pasalnya kedua bahan garam dan baking soda punya sifat abrasi yang bisa bikin gigi rusak.

Manfaat dari garam dan baking soda untuk hilangkan gigi kuning berkerak.

Garam dan baking soda merupakan bahan dapur yang terkadang digunakan untuk keperluan memasak. Namun dibalik itu, ternyata garam dan baking soda bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan gigi kuning berkerak. Pasalnya bahan alami seperti garam punya sifat desinfektan yang bisa membunuh berbagai bakteri penyebab karang gigi. Mengutip dari Healthline, sifat desinfektan juga bisa mengatasi masalah mulut lainnya seperti sariawan.

Sementara itu, bahan alami lainnya yakni baking soda juga dipercaya bisa hilangkan warna kuning berkerak. Melansir dari Medical Newt Today, baking soda punya pH tinggi yang bisa menyeimbangkan pH agar enamel tak rusak. Selain itu, baking soda juga bisa mampu membunuh bakteri penyebab karang gigi. Hal ini dikarenakan adanya sifat antibakterial di dalam baking soda.

(brl/far)

tags

STORIES