Trik simpel hempaskan pori-pori tersumbat pakai 1 jenis daun, bikin kulit bersih nggak pakai lama

Trik simpel hempaskan pori-pori tersumbat pakai 1 jenis daun, bikin kulit bersih nggak pakai lama

Brilio.net - Bagi pecinta makeup, memiliki kulit dengan pori-pori yang terlihat bersih adalah poin utama untuk memberikan hasil tampilan makeup yang lebih sempurna. Kulit dengan pori-pori yang terlihat bersih memberikan dasar yang lebih rata dan halus, sehingga makeup dapat diaplikasikan dengan lebih mudah dan tampak lebih merata.

Selain itu, pori-pori yang terlihat bersih juga memberikan efek makeup yang lebih menempel dan tahan lama lho. Makanya, nggak jarang kan kalau orang-orang memakai primer sebagai base makeup-an untuk menyamarakan pori-pori dan tekstur wajahnya?

Sayangnya, tidak semua orang memiliki kondisi kulit dengan pori-pori bersih. Umumnya, kulit yang memproduksi minyak berlebih cenderung memperbesar ukuran pori-pori dan membuatnya lebih mudah tersumbat karena minyak berlebih ini dapat menempel pada kulit dan menggumpal bersama dengan kotoran, sel kulit mati.

Selain itu, partikel halus pada polusi udara dan debu pun dapat menempel pada permukaan kulit dan masuk ke dalam pori-pori sehingga menyebabkan penyumbatan. Penyumbatan ini, jika tidak ditangani dengan baik, bisa menyebabkan berbagai masalah lain seperti jerawat dan radang kulit lho.

Akan tetapi, kamu juga nggak perlu susah-susah memencet-mencet kulit untuk mengeluarkan sumbatan pada pori-pori. Soalnya, kamu bisa memanfaatkan beberapa bahan alami sebagai solusi alternatif membersihkan pori-pori. Salah satunya dengan menggunakan daun teh hijau yang dicampur bersama tepung beras dan yogurt seperti yang dibagikan akun Instagram @facescanada.

hempaskan pori-pori tersumbat  Instagram

hempaskan pori-pori tersumbat
freepik.com

Teh hijau telah dikenal sejak lama karena kandungan antioksidannya yang tinggi dan manfaatnya bagi kesehatan kulit. Kandungan polifenol, yang merupakan senyawa antioksidan alami. membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga elastisitas kulit.

Selain itu, teh hijau juga memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengatasi peradangan yang bisa memicu pori-pori menjadi lebih besar dan tersumbat. Plus, kemampuan teh hijau untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit dapat mengurangi kemungkinan terjadinya sumbatan pada pori-pori.

hempaskan pori-pori tersumbat  Instagram

hempaskan pori-pori tersumbat
freepik.com

Sementara itu, tepung beras mengandung zat astringen yang dapat membantu mengencangkan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih pada kulit. Sifat eksfoliasi ringan dari tekstur tepung beras juga dapat secara efektif membantu mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori sehingga potensi penyumbatan juga menjadi berkurang.

hempaskan pori-pori tersumbat  Instagram

hempaskan pori-pori tersumbat
freepik.com

Di sisi lain, yogurt mengandung asam laktat sebagai jenis asam alami yang lembut dan efektif dalam membersihkan pori-pori. Asam laktat bekerja sebagai agen eksfolian yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Selain itu, sifat antimikroba dalam yogurt juga dinilai efektif embantu melawan bakteri penyebab jerawat, yang dengan kata lain turut mengatasi timbulnya masalah akibat tersumbatnya pori-pori.

Nah, untuk memanfaatkan teh hijau sebagai kunci melawan pori-pori tersumbat ini, kamu tinggal mengikuti beberapa langkah pendek di bawah ini.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok teh teh hijau bubuk
2. 1 sendok makan tepung beras
3. 1 sendok makan yogurt
4. 1 mangkuk kecil bersih

Langkah pengerjaan:

hempaskan pori-pori tersumbat  Instagram

hempaskan pori-pori tersumbat
Instagram/@facescanada

1. Masukkanbubuk teh hijau, tepung beras, dan yogurt masing-masing 1 sendok makan ke dalam dalam mangkuk kecil
2. Aduk seluruh bahan tadi hingga tercampur rata seperti "clay"

hempaskan pori-pori tersumbat  Instagram

hempaskan pori-pori tersumbat
Instagram/@facescanada

3. Setelah diaduk, aplikasikan campuran ini secara merata ke seluruh wajah sembari digosok dengan lembut layaknya scrub
4. Diamkan masker selama kurang lebih 10 menit, atau sampai mengering
5. Setelah masker mengering, ulangi menggosok lembut kembali wajah, lalu bilas wajah dengan air bersih
6. Keringkan wajah dengan lembut dan lanjutkan dengan penggunaan skincare lainnya.

View this post on Instagram

A post shared by Faces Canada (@facescanada)

(brl/ola)

tags

STORIES