Umbi-umbian pengganti nasi ini bisa atasi flek hitam di wajah, cara mengolahnya cuma ditambah 2 bahan

Umbi-umbian pengganti nasi ini bisa atasi flek hitam di wajah, cara mengolahnya cuma ditambah 2 bahan

Brilio.net - Flek hitam di wajah biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan, perubahan hormon, atau faktor genetik tertentu. Masalah kulit wajah ini dapat mempengaruhi penampilan dan rasa percaya diri seseorang.

Bagi sebagian orang, flek hitam mungkin merupakan bagian alami dari proses penuaan atau kondisi kulit tertentu, seperti melasma atau hiperpigmentasi post-inflamasi. Flek hitam bisa muncul dalam bentuk bercak atau noda gelap yang kontras dengan warna kulit sekitarnya, dan menyebabkan warna kulit jadi tidak merata.

Tak heran jika banyak orang mencari cara untuk mengatasi flek hitam di wajahnya. Mulai dari perawatan di klinik kecantikan, menggunakan skincare khusus flek hitam, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Meski menggunakan bahan-bahan alami, namun jika digunakan secara rutin, maka hasilnya tak kalah efektif dari perawatan mahal lho. Nah, kamu bisa memanfaatkan umbi-umbian pengganti nasi seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @saima_susmi.

Umbi-umbian pengganti nasi bisa atasi flek hitam di wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@saima_susmi

Umbi-umbian pengganti nasi yang dimaksud adalah kentang. Tak hanya itu saja, ia juga menambahkan bahan lain yaitu tepung beras dan madu. Yuk, simak cara mengolah dan memakainya berikut ini, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @saima_susmi, Kamis (25/7).

Bahan:

- 1 butir kentang
- 2-3 tetes madu
- 1/4 sendok makan tepung beras

Umbi-umbian pengganti nasi bisa atasi flek hitam di wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@saima_susmi

Cara mengolah dan memakai:

1. Kupas kentang lalu cuci sampai bersih
2. Parut kentang hingga benar-benar halus
3. Peras parutan kentang kemudian ambil airnya saja
4. Tuangkan pada wadah lalu tambahkan madu dan tepung beras
5. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata
6. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
7. Diamkan selama 10 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
8. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
9. Lakukan cara ini dengan rutin 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan wajah mulus bebas flek hitam.

Umbi-umbian pengganti nasi bisa atasi flek hitam di wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@saima_susmi

Kandungan kentang untuk memudarkan flek hitam di wajah.

Sebagai umbi yang tinggi kandungan karbohidrat seperti nasi, kentang ternyata memiliki manfaat untuk merawat kecantikan wajah lho. Pasalnya, bahan alami ini mengandung enzim katekolase yang dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan bintik atau flek hitam akibat paparan sinar matahari.

Tak hanya itu saja, kentang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, seng, potasium, dan fosfor yang berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Selain itu, kentang juga efektif memudarkan hiperpigmentasi pada kulit berkat kandungan asam azelaic-nya.

Manfaat madu untuk mengatasi flek hitam.

Kandungan gula yang tinggi pada madu dapat berperan sebagai eksfoliator kulit. Dilansir dari Healthline, madu murni memiliki kandungan yang sangat baik untuk kulit, terutama jika kamu memiliki jerawat dan flek hitam, serta kondisi kulit yang dehidrasi atau kering.

Tepung beras efektif menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel.

Tepung beras akan bekerja sebagai eksfoliator alami yang dapat menghilangkan flek hitam di wajah. Bahkan, tepung beras juga mampu mengatasi flek hitam akibat paparan sinar matahari, berkat kandungan asam ferulic dan allantoin yang mengubahnya menjadi tabir surya alami yang baik.

(brl/lea)

tags

STORIES