Urutan basic skincare untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi produknya

Urutan basic skincare untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi produknya

Brilio.net - Jerawat adalah masalah kulit yang umum dihadapi oleh banyak orang, terutama remaja dan dewasa muda. Kondisi ini dapat memengaruhi kepercayaan diri dan kualitas hidup seseorang. Meskipun jerawat sering dianggap sebagai bagian normal dari masa pubertas, penanganan yang tepat dapat membantu mengurangi kemunculannya dan mencegah bekas yang permanen.

Melansir dari American Academy of Dermatology (AAD), Senin (29/7) jerawat terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Faktor-faktor seperti perubahan hormon, stres, dan genetik dapat memperparah kondisi ini. Oleh karena itu, penting untuk memiliki rutinitas perawatan kulit yang tepat untuk merawat kulit berjerawat.

Menghilangkan jerawat tidak cukup dengan mengatasi penyebabnya saja. Namun perlu melakukan perawatan secara rutin dengan basic skincare yang sesuai. Nah, berikut ini urutan basic skincare untuk kulit berjerawat serta rekomendasi produk yang bisa kamu gunakan, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (29/7).

Urutan basic skincare untuk kulit berjerawat.

Cleansing.

basic skincare untuk kulit berjerawat  2024 freepik.com

foto: freepik.com

Langkah pertama dalam rutinitas skincare adalah membersihkan wajah dengan pembersih yang lembut dan sesuai jenis kulit berjerawat. Pembersih berbasis gel atau busa dengan kandungan asam salisilat atau benzoyl peroxide sangat efektif dalam mengurangi minyak berlebih dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Membersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan malam, sangat penting untuk menghindari penumpukan kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori.

Sementara itu, produk yang cocok kamu gunakan adalah Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser. Produk ini merupakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat. Kandungan tersebut efektif membersihkan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih. Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser juga diformulasikan dengan allantoin dan Witch Hazel Extract. Produk ini bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 30 ribu.

Aplikasikan toner.

basic skincare untuk kulit berjerawat  2024 freepik.com

foto: freepik.com

Penggunaan toner dapat membantu menyeimbangkan pH kulit dan mengangkat sisa kotoran atau minyak yang mungkin tertinggal. Toner dengan kandungan seperti witch hazel, niacinamide, atau tea tree oil sangat baik untuk kulit berjerawat karena sifat antiinflamasi dan antibakterinya. Toner juga bisa mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Untuk rekomendasi toner kamu bisa menggunakan Npure Centella Asiatica Face Toner. Produk skincare lokal ini dilengkapi dengan taburan daun centella asiatica yang memberikan efek soothing dan calming pada wajah berjerawat. Selain itu, Npure Centella Asiatica Face Toner mengandung tranexamic acid yang bisa mengangkat sisa kotoran pada wajah. Hanya dengan harga Rp 25 ribu kamu sudah bisa mendapatkan Npure Centella Asiatica Face Toner.

Menggunakan pelembap.

basic skincare untuk kulit berjerawat freepik.com

foto: freepik.com

Meskipun kulit berjerawat sering kali berminyak, tetap penting untuk menggunakan pelembap yang tidak menyumbat pori-pori (non-comedogenic). Pelembap berbasis gel atau water-based sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit tanpa membuatnya terasa berat atau berminyak. Pelembap dengan kandungan seperti asam hialuronat atau ceramides dapat membantu menjaga barrier kulit tetap sehat dan terhidrasi.

Nah, produk pelembap yang bisa kamu pakai adalah Cetaphil Moisturizing Lotion yang diklaim cocok bagi kulit berjerawat. Cetaphil Moisturizing Lotion mempunyai formula yang tidak menyumbat pori-pori dan mampu menjaga kelembapan kulit. Moisturizer ini juga punya tekstur ringan, sehingga nyaman saat diaplikasikan pada wajah berjerawat. Dengan kandungan glycerin, Vitamin E, dan Pro-Vitamin B5, Cetaphil Moisturizing Lotion bisa kamu peroleh dengan harga sekitar Rp 100 ribu untuk ukuran kecil.

Tak lupa pakai tabir surya.

basic skincare untuk kulit berjerawat freepik.com

foto: freepik.com

Penggunaan tabir surya adalah langkah terakhir yang krusial dalam rutinitas pagi. Sinar UV dapat memperburuk kondisi kulit berjerawat dan menyebabkan hiperpigmentasi atau bekas jerawat yang lebih gelap. Pilihlah tabir surya dengan SPF minimal 30 yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori. Tabir surya berbasis mineral seperti zinc oxide atau titanium dioxide biasanya lebih cocok untuk kulit berjerawat karena lebih lembut dan tidak berisiko menyebabkan iritasi.

Nah, sunscreen yang bisa kamu gunakan yaitu ada Emina Sun Protection SPF 30 PA+++. Tabir surya ini ringan dan tidak berminyak, cocok untuk kulit berjerawat. Mampu memberikan perlindungan dari sinar UV tanpa menyumbat pori-pori, Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ mengandungan SPF 30, PA+++, Aloe Vera Extract, dan Emollient. Cuma dengan harga Rp 35 ribu kamu sudah bisa mendapatkan produk lokal ini.

Spot treatment.

basic skincare untuk kulit berjerawat freepik.com

foto: freepik.com

Gunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide atau tea tree oil untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat. Sementara itu, produk yang bisa kamu pakai adalah Somethinc Acne Shot AC Spot Gel. Produk ini mengandung provitamin B5 atau panthenol yang bisa meredakan iritasi penyebab jerawat. Harga dari Somethinc Acne Shot AC Spot Gel bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 98 ribu.

(brl/jad)

tags

STORIES