Viral di TikTok sering jadi campuran pencerah kulit, ketahui bagaimana cara alpha arbutin bekerja

Viral di TikTok sering jadi campuran pencerah kulit, ketahui bagaimana cara alpha arbutin bekerja

Brilio.net - Trik menggunakan produk perawatan kulit di media sosial kini memiliki berbagai cara. Ada yang mencampurkan produk perawatan kulit dengan makeup, ada juga yang mencampurkan sesama produk perawatan. Seperti yang belakangan ini viral di TikTok, banyak beauty vlogger yang mencampurkan body lotion kandungan alpha arbutin dengan dose body serum (pencerah kulit). Kombinasi kedua produk tersebut diklaim ampuh bikin kulit jadi glowing.

Melihat kemampuan mencerahkan kulit, mungkin membuat kamu penasaran bukan mengenai kandungan dari body lotion yaitu alpha arbutin? Perlu kamu ketahui, alpha arbutin adalah senyawa yang bekerja untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Cara kerja alpha arbutin untuk mencerahkan kulit.

cara alpha arbutin bekerja  2024 freepik.com

cara alpha arbutin bekerja
freepik.com

Perlu kamu ketahui, kerja alpha arbutin ada beberapa cara. Pertama yaitu penghambat enzim tirosinase. Alpha arbutin bekerja terutama dengan menghambat aktivitas enzim tirosinase. Enzim ini berperan penting dalam proses pembentukan melanin (pigmen yang memberikan warna pada kulit). Maka dari itu, bisa mengurangi produksi melanin dalam sel melanosit. Dampaknya dari proses ini adalah kulit jadi lebih cerah karena berkurangnya pigmentasi.

Cara yang kedua yaitu mekanisme pelepasan bertahap. Alpha arbutin memiliki keunggulan dibandingkan hydroquinone karena pelepasannya yang bertahap. Dalam cara ini alpha arbutin melepaskan hydroquinone secara perlahan ke dalam kulit. Nah, pelepasan yang dilakukan secara bertahap ini membantu mengurangi risiko iritasi pada wajah.

Cara ketiga yaitu sebagai penghambat transfer melanosom. Selain menghambat produksi melanin, alpha arbutin juga bisa memengaruhi transfer melanosom. Melansir dari Journal of Pharmacology and Experimental Therapeutics, Senin (29/7) cara kerja alpha arbutin yaitu menghambat transfer melanosom dari melanosit ke keratinosit. Kemudian mengurangi penyebaran pigmen melanin ke sel-sel kulit di sekitarnya. Setelah itu, alpha arbutin menghasilkan efek pencerahan yang lebih merata.

Cara berikutnya alpha arbutin juga memiliki sifat antioksidan yang berkontribusi pada efek pemutihan kulit. Dalam tahapan ini alpha arbutin, melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Kemudian mencegah terjadinya oksidasi dan membantu menjaga kesehatan kulit.

Itulah beberapa cara kerja alpha arbutin yang ada dalam produk perawatan kulit. Agar cara kerja alpha arbutin ini semakin maksimal, kamu bisa mengkombinasikannya dengan vitamin C, yang dapat meningkatkan efek antioksidan. Nah, penggunaan bersamaan dengan AHA atau BHA bisa meningkatkan efektivitas kulit.

Mengutip dari Journal of Cosmetic Dermatology, kandungan alpha arbutin lebih aman jika dibandingkan dengan bahan pemutih lainnya. Jika dibandingkan dengan hydroquinone, alpha arbutin lebih aman dan memiliki risiko rendah mengalami iritasi.

Walaupun ampuh untuk mencerahkan, perlu kamu pahami bahwa hasil dari kulit cerah pada setiap orang berbeda-beda. Hal ini tergantung pada kondisi kulit yang dimiliki seseorang.

Manfaat lain dari alpha arbutin.

cara alpha arbutin bekerja  2024 freepik.com

cara alpha arbutin bekerja
freepik.com

Tak cuma memutihkan, alpha arbutin punya manfaat lain bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Penggunaan alpha arbutin mampu melindungi kulit dari sinar UV. Alpha arbutin membantu mencegah pembentukan bintik hitam dan hiperpigmentasi. Selain itu, alpha arbutin juga berpotensi mengurangi risiko kanker kulit dengan melindungi DNA sel dari kerusakan UV.

Sementara itu, alpha arbutin juga memiliki sifat antiaging. Sifat anti-penuaan ini membantu menjaga kulit tetap muda, mengurangi munculnya garis halus dan kerutan, meningkatkan elastisitas kulit, dan menjaga kelembaban kulit.

Adanya sifat antiinflamasi dalam alpha arbutin mampu menenangkan kulit iritasi, seperti kemerahan, meredakan gatal, dan cocok untuk kulit sensitif. Manfaat lainnya, alpha arbutin membantu mengontrol produksi sebum dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori.

(brl/ola)

tags

STORIES