Wajah auto cerah dan antibelang, begini trik membuat masker bleaching pakai 3 jenis buah

Wajah auto cerah dan antibelang, begini trik membuat masker bleaching pakai 3 jenis buah

Brilio.net - Gelap dan tak bercahaya merupakan salah satu tanda kulit kusam. Biasanya wajah kusam terjadi karena cuaca dingin ataupun terlalu panas. Tidak merawat kulit wajah dengan baik ataupun lelah akibat terlalu lama beraktivitas. Dehidrasi, penumpukan sel kulit mati, hingga paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan wajah kusam.

Selain wajah kusam, kulit wajah belang juga merupakan masalah umum yang kerap kali dialami kebanyakan orang. Salah satu penyebab paling utama hal yang membuat kulit wajah kamu menjadi belang adalah karena sinar matahari. Kulit wajah gelap bisa terjadi akibat proses hiperpigmentasi, yaitu kondisi dimana sel melanosit pada kulit memproduksi melanin dalam jumlah yang besar.

Penggelapan warna kulit akibat proses hiperpigmentasi bisa muncul dalam berbagai bentuk, seperti bintik, flek hitam, noda, termasuk wajah menjadi kusam dan menyebabkan kulit wajah menjadi belang. Selain akibat sinar matahari, proses hiperpigmentasi bisa juga terjadi akibat perubahan hormon, pertambahan usia, dan peradangan. Penyebab utama kulit wajah menjadi belang adalah karena kulit wajah tidak terlindung sinar matahari dan sinar UV.

Apabila kamu mengalami kedua masalah tersebut, tak perlu minder. Karena kamu bisa melakukan perawatan yang tepat untuk mengatasinya. Tak perlu mahal, karena kusam dan belang di wajah bisa kamu atasi dengan bahan alami di rumah. Kunci dari perawatan kulit wajah yang kusam dan belang ini adalah sabar dan konsisten.

Seperti video unggahan yang dibagikan akun TikTok @beautiful_youtips pada 29 Juni 2022. Unggahan dengan durasi 39 detik tersebut berisi tentang trik membuat masker bleaching pakai 3 jenis buah, yakni tomat, lemon, dan jeruk. Selain itu, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu kentang dan madu.

"DIY Orange Bleach," tulisnya dalam video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @beautiful_youtips, Rabu (12/7).

Trik membuat masker bleaching pakai 3 jenis buah Berbagai sumber

Trik membuat masker bleaching pakai 3 jenis buah
freepik.com

Banyak orang mengenal buah tomat sebagai sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Namun, tidak sedikit pula yang belum mengetahui bahwa buah tomat juga baik untuk kesehatan wajah. Antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam tomat bisa membantu mencerahkan wajah. Memakai masker tomat pada wajah dapat membuat kulit lebih cerah dan bercahaya sekaligus mengurangi pigmentasi, kusam dan bintik hitam.

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang dikenal dengan manfaatkan yang baik untuk kulit wajah. Lemon mengandung asam sitrat yang berfungsi sebagai komponen pemutihan alami. Sifat pemutih di dalamnya termasuk membantu mencerahkan dan membersihkan kulit. Kandungan asam sitrat pada buah lemon yang bisa membantu membuat wajah kusam menjadi lebih cerah. Caranya dengan mengangkat sel kulit mati yang menutupi pori-pori wajah.

Tak jauh berbeda dengan lemon, jeruk juga memiliki kandungan yang mampu memutihkan wajah kusam dan belang. Hal ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi didalamnya. Vitamin C dalam jeruk mampu mencerahkan kulit dan menghambat produksi melanin berlebih pada kulit.

Sementara kentang, merupakan salah satu umbi-umbian yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi wajah kusam dan belang. Senyawa asam azelaic pada kentang mampu menghilangkan bintik hitam, memudarkan hiperpigmentasi dan mengatasi kulit kusam. Hal ini karena kentang juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi.

Begitupun dengan madu yang dikenal mampu membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Hal ini dikarenakan madu memiliki sifat eksfoliasi yang mampu menghilangkan sel kulit mati atau penyebab kulit terlihat kusam.

Bahan-bahan yang sudah disebutkan tersebut bisa kamu olah menjadi masker bleaching alami. Masker ini akan membantu mengatasi kusam dan belang pada wajahmu. Bahkan jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan wajah yang cerah berseri dan glowing alami.

Trik membuat masker bleaching pakai 3 jenis buah Berbagai sumber

Trik membuat masker bleaching pakai 3 jenis buah
TikTok/@beautiful_youtips

Namun perlu diperhatikan, apabila kamu memiliki kulit sensitif atau untuk mencegah iritasi wajah, sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu sebelum penggunaan masker ini. Mengingat kandungan vitamin C pada masker yang cukup tinggi dapat membuat iritasi bagi sebagian orang. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 2 sendok teh perasan jeruk
2. 1/2 buah perasan tomat
3. 3 sendok teh perasan sari kentang
4. Beberapa tetes lemon
5. 1 sendok teh madu

Trik membuat masker bleaching pakai 3 jenis buah Berbagai sumber

Trik membuat masker bleaching pakai 3 jenis buah
TikTok/@beautiful_youtips

Cara membuat:

1. Campurkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah, kamu bisa menggunakan kulit jeruk sebagai wadahnya
2. Aduk kelima bahan tersebut sampai tercampur merata
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Diamkan selama 15 menit
5. Bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lanjutkan dengan penggunaan pelembap dan sunscreen
7. Gunakan masker ini secara rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah bebas belang.

@beautiful_youtips #fyp #fyp #homeremedies #glowingskin #skincareroutine #beyoutifultips #beautyhacks #beautytips original sound - beautifulyou Tips

(brl/ola)

tags

STORIES