Wajah auto glowing bebas noda, ini cara pudarkan flek hitam cuma manfaatkan 1 buah

Wajah auto glowing bebas noda, ini cara pudarkan flek hitam cuma manfaatkan 1 buah

Brilio.net - Munculnya flek hitam di wajah tidak hanya disebabkan oleh paparan sinar matahari, tapi juga bisa datang dari faktor lain seperti halnya penggunaan produk kosmetik. Perlu kamu ketahui, beberapa produk kosmetik tak semua bisa digunakan oleh semua orang. Beberapa produk kosmetik punya bahan kimia keras yang bisa memicu terjadinya iritasi dan peradangan kulit, sehingga menyebabkan hiperpigmentasi.

Selain datang dari penggunaan produk yang tak cocok, flek hitam juga bisa disebabkan karena paparan polusi dan radikal bebas yang menempel pada kulit. Sebagai informasi tambahan, paparan polusi udara dan radikal bebas bisa merusak kulit dan mengakibatkan stres oksidatif. Pada akhirnya faktor tersebut bisa meningkatkan produksi melanin dan flek hitam.

Untuk mencegah munculnya flek hitam di wajah, kamu perlu menggunakan sunscreen dengan SPF tinggi setiap hari. Jika flek hitam ini sudah terlanjur muncul di permukaan kulit, kamu bisa memudarkan flek hitam dengan perawatan alami. Seperti yang dilakukan pengguna Instagram dengan akun @serbubenang.id.

Tampak dalam unggahan reels-nya, ia menggunakan satu jenis buah yaitu tomat. Sebelum diaplikasikan, tomat diracik tersebut jadi ice cube yang dipercaya bisa memudarkan flek hitam di wajah. Bagi kamu yang ingin mencoba ice cube sebagai perawatan wajah bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari Instagram @serbubenang (18/7).

Bahan:

Cara pudarkan flek hitam di wajah. berbagai sumber

foto: Instagram/@serbubenang.id

- 2 buah tomat
- 1 gelas air putih

Cara membuat:

Cara pudarkan flek hitam di wajah. berbagai sumber

foto: Instagram/@serbubenang.id

1. Cuci bersih buah tomat
2. Iris dengan ukuran kecil
3. Masukkan ke dalam blender
4. Tuangkan sedikit air dan haluskan semua bahan
5. Tuangkan pada cetakan ice cube
6. Dinginkan hingga beku dan ice cube siap kamu gunakan untuk perawatan wajah.

Cara menggunakan:

Cara pudarkan flek hitam di wajah. berbagai sumber

foto: Instagram/@serbubenang.id

1. Pastikan wajah kamu bersih terlebih dahulu
2. Oleskan ice cube pada wajah secara merata
3. Diamkan hingga 15 menit dan bilas menggunakan air biasa
4. Gunakan trik ini secara rutin agar kulit kamu bebas flek hitam.

Manfaat tomat untuk wajah

Melansir dari Healthline, tomat punya sifat astringen yang bisa mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Selain itu, kandungan asam salisilat dalam tomat membantu mengatasi jerawat dengan cara membersihkan pori-pori yang tersumbat. Adanya kandungan vitamin C dalam tomat diklaim bisa mencerahkan kulit dan mengatasi hiperpigmentasi, termasuk flek hitam.

Sementara itu, adanya kandungan air dalam tomat bisa melembapkan kulit sehingga tetap terhidrasi. Sedangkan adanya kandungan lycopene dalam tomat mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan dipercaya bisa cegah penuaan dini.

(brl/mal)

tags

STORIES