Wajah jadi rusak, cewek ini bagikan kisahnya alami breakout akibat salah pakai produk eksfoliasi

Wajah jadi rusak, cewek ini bagikan kisahnya alami breakout akibat salah pakai produk eksfoliasi

Brilio.net - Eksfoliasi wajah merupakan proses menghilangkan lapisan terluar sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Manfaat utama dari eksfoliasi adalah membantu menjaga kulit tetap cerah, halus, dan bebas dari pori-pori tersumbat yang dapat menyebabkan jerawat.

Eksfoliasi juga membantu mempercepat pergantian sel kulit, yang penting untuk menjaga tampilan kulit yang segar dan muda. Meskipun eksfoliasi dapat memberikan banyak manfaat, seperti membersihkan pori-pori, meratakan tekstur kulit, dan meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit lainnya, eksfoliasi yang tidak dilakukan dengan tepat dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Salah satu efek samping paling umum dari eksfoliasi berlebihan adalah kulit menjadi terlalu kering atau iritasi. Kulit yang sering dieksfoliasi akan kehilangan lapisan pelindung alaminya, sehingga rentan terhadap kerusakan, peradangan, atau bahkan infeksi. Tak hanya itu saja, penggunaan produk eksfoliasi yang tidak cocok juga bisa membuat wajah jadi iritasi dan berujung munculnya jerawat.

Seperti yang dialami oleh pengguna TikTok dengan nama akun @dek.yang, yang mengalami kisah nyesek usai salah memakai produk eksfoliasi. Pasalnya, bukannya cantik, wajahnya justru rusak karena mengalami breakout.

foto: TikTok/@dek.yang

"Pernah salah pake produk exfoliasi sampe berujung breakout," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip pada Kamis (10/10).

Kisahnya berawal saat pemilik akun yang diketahui bernama Oktavi itu mencoba produk chemical exfoliation. Setelah beberapa hari memakai produk tersebut, wajahnya langsung muncul beberapa jerawat di wajahnya. Padahal, sebelum memakai produk eksfoliasi, wajahnya tampak benar-benar mulus tanpa masalah apapun.

foto: TikTok/@dek.yang

"Awal mula nya muncul jerawat mendem yang sakit banget kalau kesenggol," lanjutnya.

Bukannya semakin membaik, wajah Oktavi justru semakain parah. Pasalnya, jerawatnya semakin banyak hingga memenuhi wajahnya. Bahkan dalam 2 minggu, wajahnya benar-benar tampak penuh dengan jerawat meradang yang kemerahan. Dia juga sempat merasakan nyeri dan demam tiap malam.

foto: TikTok/@dek.yang

Karena sudah semakin parah, akhirnya Oktavi memutuskan untuk berhenti menggunakan produk exfoliasi tersebut. Dia kemudian mengganti skincare-nya menggunakan basic skincare saja. Yaitu dengan memakai produk facial wash, moisturizer, dan sunscreen. Akhirnya, setelah 3-4 bulan rutin memakai basic skincare, wajah Oktavi semakin membaik.

foto: TikTok/@dek.yang

"Jerawat mulai pada kering tinggal bekasnya aja," katanya.

Sampai saat ini, akhirnya wajah Oktavi terus membaik berkat rutin menggunakan basic skincare. Bahkan jerawat di wajahnya tampak menghilang tanpa bekas bopeng yang mengganggu.

foto: TikTok/@dek.yang

ib:

(brl/ola)

tags

STORIES