Wajah kusam setelah pakai sunscreen? Ini penjelasan dokter lengkap dengan cara mengatasinya

Wajah kusam setelah pakai sunscreen? Ini penjelasan dokter lengkap dengan cara mengatasinya

Brilio.net - Wajah kusam setelah menggunakan sunscreen merupakan keluhan yang sering diutarakan oleh pengguna produk perlindungan terhadap sinar matahari ini. Meskipun sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV, beberapa orang mengalami masalah dengan tampilan kulit yang menjadi kusam atau berminyak setelah aplikasi.

Penyebab utama wajah kusam setelah menggunakan sunscreen bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah formulasi sunscreen yang terlalu berat atau tidak cocok dengan jenis kulit. Tidak hanya dari formula sunscreen saja, seorang dokter sekaligus konten kreator edukasi kesehatan di TikTok yaitu Dr Mario Johan, lewat unggahan di akunnya @dr.mariojohan, ia menjelaskan dengan detail penyebab sunscreen menjadi kusam setelah digunakan.

Wajah kusam setelah pakai sunscreen  2024 TikTok

foto: TikTok/@dr.mariojohan

Penyebab pertama yaitu kamu menggunakan sunscreen dengan jenis physical. Menurutnya, tidak semua orang cocok dengan sunscreen physical. Jenis sunscreen physical memiliki formula tone up. Jika digunakan pada kulit yang cerah, bisa bikin makin bersinar.

"Kalau kulitnya sawo matang biasanya malah bikin penampakannya jadi kayak abu-abu," ujarnya.

Penyebab kedua menurutnya sunscreen memiliki beberapa kandungan yang bisa bikin produk oksidasi, salah satunya adalah vitamin C.

"Kandungannya oksidasi yang bikin akhirnya, sunscreenya bikin menggelap dan muka itu jadi kelihatan lebih kusam," jelasnya.

Berdasarkan penjelesan Dokter Joe, UV filter yang ada pada jenis chemical suncreen dibuat dengan bahan dasar oil based. Bahan kandungan berupa minyak bisa bikin kelihatan kusam.

"Tapi kalau keseluruhan formulasinya dia bisa bikin nggak terlalu thick dan bisa diformulasikan dengan baik, itu bisa aja nggak kusam,"ujarnya.

Trik agar wajah tak kusam setelah pakai sunscreen.

Wajah kusam setelah pakai sunscreen  2024 TikTok

foto: TikTok/@dr.mariojohan

Ada trik agar wajah tidak kusam setelah pakai sunscreen. Pertama yaitu menggunakan mattifying powder atau bedak tabur dengan formulas UVA dan UVB protection untuk wajah agar bebas kilap.

"Tapi nggak semua mau pakai mattifying powder ya terutama cowok-cowok," jelasnya.

Nah, trik kedua yaitu kamu bisa menggunakan sunscreen yang teksturnya ringan. Selain itu, cari sunscreen yang memiliki klaim water based. Pasalnya sunscreen water based ini mudah meresap ke dalam kulit dan tidak bikin lengket. Selain itu, cocok untuk semua jenis kulit terlebih lagi bagi kamu pemilik kulit berminyak.

(brl/wen)

tags

STORIES