Punya riwayat penyakit rosacea, Maia Estianty bagikan trik merawat kulit agar tak iritasi

Punya riwayat penyakit rosacea, Maia Estianty bagikan trik merawat kulit agar tak iritasi

Brilio.net - Selalu menjaga kecantikan wajah merupakan kunci agar kulit wajah terhindar dari berbagai masalah. Walaupun sudah menjaga kecantikan kulit dengan maksimal, adanya gangguan penyakit seperti rosacea tidak bisa dihindari oleh siapapun. Kondisi seperti inilah yang terjadi pada musisi cantik Maia Estianty.

Lewat unggahan reels di akun Instagram @maiaestiantyreal, Maia Estianty diketahui mengidap rosacea sejak beberapa tahun belakangan. Lewat unggahan yang berdurasi beberapa menit, Maia Estianty menjelaskan rosacea merupakan sebuah penyakit kulit yang langka. Meski langka, rosacea bisa dikendalikan.

Saat penyakit rosacea sedang kambuh, wajah Maia Estianty akan memerah seperti iritasi secara tiba-tiba. Pemicunya bisa berasal dari makanan yang dikonsumsi dan berdampak pada wajah berjerawat dan bruntusan.

"Siapa yang punya penyakit kulit ROSACEA kayak gw ??? Nih gw kasih tips and tricks nya supaya jangan sering2 kambuh penyakit ROSACEA nya (diajarin ama dokter spkk)," keterangan dalam unggahan reels, dikutip briliobeauty.net dari Instagram @maiaestiantyreal, Minggu (30/6).

trik merawat kulit rosacea ala Maia Estianty berbagai sumber

foto: Instagram/@maiaestiantyreal

Nggak cuma jerawatan, rosacea juga membuat wajah Maia jadi terasa pedih, gatal, dan tidak bisa terpapar sinar matahari.

"Muka jadi berantakan, eh orang pikir itu jerawatan, padahal bukan," ujarnya.

Memberikan rasa yang begitu kurang nyaman dan mengganggu penampilan, membuat ibu tiga anak ini menjaga kecantikan kulit dengan ekstra. Ia pun membagikan trik merawat wajah bagi yang memiliki masalah kulit rosacea, sebagai berikut sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari Instagram @maiaestiantyreal, Minggu (30/6):

trik merawat kulit rosacea ala Maia Estianty berbagai sumber

foto: Instagram/@maiaestiantyreal

Trik pertama yang dibagikan Maia adalah pilihlah produk perawatan wajah yang tidak memicu rosacea. Selain itu, gunakan juga produk skincare yang bisa dipakai bagi pemilik kulit sensitif dan bersifat non comedogenic.

"Serta juga menenangkan kemerahan atau calming," ujarnya.

Trik yang kedua yaitu sebelum menggunakan produk skincare baru, lakukan uji tes terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar menghindari risiko kulit mengalami iritasi atau kemerahan.

"Ulaskan produk ke dalam lengan dalam anda, sampai seminggu. Jika tidak ada masalah baru gunakan di kulit wajah," imbuhnya.

trik merawat kulit rosacea ala Maia Estianty berbagai sumber

foto: Instagram/@maiaestiantyreal

Trik yang ketiga yaitu hindari menggunakan skincare yang berbahan alkohol, camphor, fragrance, glycolic acid, lactic acid, menthol, sodium lauryl sulfate, dan urea.

Trik yang keempat yaitu rutin membersihkan wajah, setidaknya dua kali sehari. Lakukan treatment ini meski kulit kamu sedang iritasi. Sementara itu, jangan pernah berhenti mengaplikasikan pelembap atau moisturizer.

"Walaupun kondisi kulit kamu berminyak sekalipun," ujar Maia.

Trik yang kelima yaitu selalu lindungi kulit dari paparan sinar matahari. Cara ini perlu dilakukan agar kulit kamu tak kembali memerah. Nah, melindungi kulit selain menggunakan sunscreen menurut Maia dengan mencari tempat yang teduh.

"Mengenakan pakaian pelindung sinar matahari, seperti topi bertepi lebar," imbuhnya.

(brl/wen)

tags

STORIES